PPKM Level 3 Saat Nataru Batal, Namun Dengan Tetap Pembatasan

KBRN,Samarinda - Pemerintah batal menerapkan aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia saat periode Natal dan tahun baru yang Sebelumnya, pemerintah berencana memberlakukan PPKM level 3 pada 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Hal itu diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dilansir dari siaran pers di laman resmi Kemenko Marves.

Walau tidak jadi diterapkan Luhut menjelaskan, selama Natal dan tahun baru nanti, syarat perjalanan jarak jauh dalam negeri tetap wajib vaksinasi lengkap dan hasil antigen negatif maksimal 1×24 jam sebelum keberangkatan. Pemerintah juga menerapkan pelarangan seluruh jenis perayaan tahun baru di hotel, pusat perbelanjaan, mal, tempat wisata, dan tempat keramaian umum lainnya.

Terkait Nataru Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi mengatakan, pemerintah dalam hal ini akan mengikuti instruksi pemerintah dengan berkerjasama dengan TNI Polri melalui pengawasan preventif.

“Ikuti aja kita tentu bekerjasama dengan TNI Polri, harus preventif sudah disampaikan informasi biar seirama” tutur Gubernur

Alasan pemerintah tidak jadi memberlakukan ppkm level 3, setelah pertimbangan pengambilan keputusan terbaru berdasarkan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang menunjukkan perbaikan signifikan.

Kasus aktif dan jumlah pasien yang dirawat di RS pun menunjukkan tren penurunan dalam beberapa hari ke belakang. Perbaikan penanganan pandemi Covid-19 juga terlihat dari tren perubahan level PPKM kabupaten kota di Jawa-Bali.

Keputusan batalnya penerapan PPKM saat Natal dan tahun baru juga berdasarkan pada capaian vaksinasi dosis pertama di Jawa-Bali yang sudah mencapai 76 persen dan dosis kedua yang mendekati 56 persen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar