Sebanyak 837 Bidang Tanah Bersertifikat dan Dua Bidang Masuk K3, Amborawang Darat Ditarget Menjadi Kelurahan/Desa Lengkap

KBRN,Samarinda - Wajah cerah dan rona bahagia terpancar di wajah warga masyarakat Kecamatan Samboja, khususnya warga kelurahan Amborawang Darat yang menerima sertifikat tanah program Pendataan Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Pasalnya mereka mendapatkan legalitas dan kekuatan hukum atas kepemilikan tanah dengan diserahkannya sertifikat kepemilikan oleh Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kelurahan Amborawang Darat, pada Rabu (1/12).

Kepala Kantor Pertanahan Kukar Aag Nugraha menargetkan, ada sebanyak 839 sertifikat khusus di kelurahan Amborawang Darat. Tersertifikasi sebanyak 837 bidang, dan 2 bidang kategori K3, yaitu sudah terpetakan tetapi pemilik belum melengkapi administrasi surat menyuratnya.

"Hari ini sertifikat yang akan kita serahkan sebanyak 385 bidang atau sertifikat, dan untuk simbolisnya nanti akan diserahkan kepada 10 orang perwakilan," ujar Aag.

Tahun ini, Amborawang Darat ditargetkan menjadi desa/kelurahan lengkap. Dalam artian seluruh bidang tanahnya sudah dipetakan. "Mana yang kawasan hutan, mana yang jalan, mana yang sungai, termasuk semua informasi geografis sudah dapat dimiliki masyarakat sertifikatnya," tambahnya.

Ada proses yang namanya bea perolehan atas tanah dan bangunan atau disebut BPATB. "Jadi ini nanti waktunya biaya itu masuknya dikelola oleh Pemda, dikumpulkan oleh Bapenda, ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam pembuatan sertifikat" Jelasnya.

Diungkapkan Aag tahun ini target sertifikat sebanyak 15.700, tapi yang terbit realisasinya 14.523 sertifikat. Sisanya adalah kategori K3. Aag berharap, tanah masyarakat yang belum bersertifikat namun sudah dipetakan bisa langsung didaftarkan di kantor Pertanahan, sehingga bisa langsung diterbitkan sertifikat nya. (Prokom01).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar