Jatam Temukan 151 Lokasi Pertambangan Ilegal

KBRN, Samarinda : Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kalimantan Timur menemukan sebanyak 151 lokasi pertambangan Batu Bara ilegal di wilayah ini.

Perusahaan Tambang Ilegal (PETI) tersebut beroperasi di 4 Kabupaten/Kota wilayah Kalimantan Timur.

Dinamisator Jatam Kaltim Pradarma Rupang mengatakan 151 lokasi tambang ilegal tersebut belum memasuki wilayah 6 kabupaten/kota lainnya yang diduga masih banyak beroperasI pertambangan tanpa adanya legalitas.

“Kami mengharapkan agar aparat penegak hukum dapat menuntaskan kasus ini yang merugikan masyarakat dan negara,”ungkap Rupang.

Sementara itu, Dosen Hukum Pertambangan dan Lingkungan Fakultas Hukum Universitas Mulawarman Samarinda Rahmawati Al Hidayah menerangkan, persoalan Tambang Batu Bara Ilegal di Kaltim saat ini merupakan masalah yang harus segera dituntaskan secara bersama. Sebab, persoalan ini sudah menjadi masalah ditingkat nasional.

Diketahui hingga dengan saat ini JATAM Kaltim sudah melaporkan ada 40 lokasi tambang ilegal yang beroperasi. 40 laporan itu saat ini sudah masuk dalam ranah Pengadilan Negeri Samarinda.

Sehingga masih ada sekitar 100an lebih lagi Tambang Ilegal yang harus diselasaikan oleh aparat penegak hukum setempat di wilayah Bumi Etam.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar