Penuhi Kebutuhan Air Bersih, PPU Rencana Ambil ke Paser

KBRN,Samarinda - Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Paser dan Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) bahas rencana kerjasama memenuhi kebutuhan  air  bersih yang masih defisit di kabupaten Calon Ibu Kota Negara (IKN).

Rencana kerjasama tersebut dibicarakan  saat digelar rapat antara Pemkab Paser dan PPU  yang dihadiri Sekda  Paser Katsul Wijaya dan Plt Sekda PPU Mulyadi diruang rapat Sekda Paser,Senin (26/10/2021) hari ini,

Selain itu turut hadir sejumlah unsur diantaranya Ketua Tim Pengawas Perumda Air Minum kedua daerah, Direktur PDAM Tirta Kandilo Paser dan Direktur PDAM Danum Taka  PPU serta sejumlah unsur Dinas terkait.

 Ina Rosana selaku Ketua Tim Pengawas Perumda Tirta Kandilo mengatakan, rencana kerjasama  terkait rencana  penyambungan jaringan pipa air bersih  dari Paser ke PPU.

Namun menurut Plt Asisten Pereknomian dan Pembangunan ini, kerjasama ini bisa terwujud jika peningkatan jaringan layanan air bersih perpipaan Sistem Penyedian Air Minum (SPAM) yang saat ini menunggu dukungan anggaran pembangunannya  di Desa  Skiet Kecamatan Long Kali.

“Lahan sudah ada tiga hektar lebih dengan dukungan air baku Sungai Telake. Pengajuan anggaran pembangunannya sudah kita lakukan baik ke Provinsi maupun APBN. Kerjasama dapat dilakukan dengan penyambungan jaringan pipa penghubung jika proyek pembangunan SPAM ini rampung,” sebut Ina.

 Harapannya,  pembangunan fisiknya bisa dilakukan tahun ini,  sehingga keberadaan SPAM 10 liter perdetik  di Long Kali ini  dapat memenuhi daftar tunggu baik di Long Kali maupun PPU.

“Pembangunannya diperkirakan membutuhkan dana sekitar Rp3  miliar lebih,” tambah Ina.  

Sementara, Direktur PDAM Danum Taka PPU Abdul Rasit mengakui kalau PPU  krisis air baku, sehingga pasokan ke masyarakat masih sangat terbatas. Bahkan sebutnya, hingga saat ini daftar tunggu mencapai 10 ribu lebih.

Karena itu tambahnya, PPU berkeingin permohonan kerjasama dengan PDAM Paser dengan produk air bersih melalu penyambungan pipa di perbatasan.

Sementara, Sekda Paser Katsul Wijaya mengaku  menyambut baik rencana  kerjasama dalam pemenuhan air bersih antara  dua daerah, dan Sekda meminta PDAM Tirta Kandilo   untuk mengkaji  kebutuhan air bersih untuk masyarakat PPU dan segera melakukan upaya bersama pihak dinas untuk mendapatkan anggaran sehingga pembangunan SPAM di Kecamatan Long Kali terwujud.

Harapannya tambah Sekda, melalui kerja sama ini nantinya, tentu ada kontribusi positif Kabupaten  Paser yang akan menjadi bagian pembangunan IKN baik penyedian air bersih maupun air baku jika bendungan Kepala Telake terwujud. (humas)  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00