20 Anggota PMK Ikut Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Pemadam Kebakaran

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Nadisius Membuka Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM Pemadam Kebakaranjpg

KBRN,Samarinda - Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pemadam kebakaran sebagai upaya  peningkatan keterampilan atau keahlian para Anggota PMK untuk mencegah dan menanggulangi kebakaran serta lebih profesional dalam melaksanakan tugasnya, Kamis (21/10).

Kegiatan yang dipusatkan di balai pertemuan umum Kampung Sumber Sari Kecamatan Barong Tongkok diikuti 20 peserta terdiri dari petugas pemadam kebakaran dari 4 pos pemadam kebakaran yaitu Barong Tongkok sebanyak 10 orang, Melak sebanyak 4 orang, Linggang Bigung 4 orang dan Muara Lawa sebanyak 2 orang. Mengingat situasi sekarang masih dalam pandemi covid-19 maka jumlah peserta pelatihan dibatasi hanya 20 orang.

Lebih lanjut dalam sambutan Sekretaris Kabupaten Ayonius S Pd MM yang dibacakan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Drs Nadisius MH  menuturkan, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat, sangat mengapresiasi kegiatan yang bertujuan melatih keahlian, melatih kecepatan dan ketangkasan, memberikan semangat, membentuk disiplin, meningkatkan solidaritas, membentuk mental dan visi yang tangguh dan menanamkan rasa kecintaan pada tugas mulia yang diemban untuk melayani serta menolong masyarakat.

Seperti yang diketahui bersama Kutai Barat terdiri dari 16 Kecamatan dengan jangkauan antar wilayah yang relatif jauh menjadi tantangan tersendiri bagi pelayanan publik dan ini menuntut agar terus dilaksanakan peningkatan sdm terlebih bagi para PMK. Kita harus mengambil langkah strategis dalam upaya meningkatkan kapasitas SDM yang ada demi optimalisasi dan layanan prima bagi masalah kebakaran. Dan salah satunya seperti yang kita lakukan saat ini yaitu melalui pelatihan.

Secara khusus Sekretaris Kabupaten berpesan kepada Satpol PP khususnya Bidang Pemadam Kebakaran, dalam setiap penyelenggaraan program kerja agar terus melakukan monitoring di lapangan untuk mengetahui sejauh mana program pelatihan yang dilaksanakan dapat terimplementasi dengan baik dan tepat. ”Saya tahu menjadi tantangan saat ini adalah ketersediaan personil dan keterbatasan peralatan pemadam yang dimiliki, tetapi kedepannya menjadi harapan kita bersama semoga hal tersebut dapat terpenuhi untuk mendukung kelancaran tugas dan pelayanan di dalam masyarakat,” kata Sekda.

Kepada seluruh Peserta Pelatihan Sekda menitipkan pesan, kiranya dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan penuh perhatian sehingga setiap materi yang dipaparkan oleh para Narasumber dapat diserap dan menjadi ilmu untuk meningkatkan kualitas dan loyalitas kerja dilapangan. Besar harapan saya kegiatan ini akan memberikan manfaat yang sangat optimal dalam mendukung kinerja para Anggota PMK. Menolong dan Membantu Masyarakat khususnya yang terkena musibah kebakaran merupakan pekerjaan yang sangat mulia, oleh karena itu sikap profesional dan kemampuan yang memadai sangat dibutuhkan dalam pekerjaan ini.

Beberapa waktu lalu ada kejadian kebakaran di pemukiman warga baik di kampung Sembuan, Dempar dan Mendika. Tentu saja sosialisasi dan pentingnya penanganan pertama dari bahaya kebakaran agar tidak menyebar dan menjadi besar perlu diketahui masyarakat, hal ini menjadi tugas kita bersama nantinya baik OPD terkait, Camat bahkan para Petinggi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat akan hal tersebut. 

Dalam kesempatan yang sama ketua panitia Jermawansyah mengatakan Kegiatan latihan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kutai Barat melalui Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kutai Barat di bidang Pemadam Kebakaran dan Pembiayaan kegiatan bersumber dari APBD Kabupaten Kutai Barat yang disalurkan melalui DPA Satuan Polisi pamong Praja tahun 2021.

Maksud diselenggarakannya kegiatan ini yaitu untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada petugas pemadam kebakaran Kabupaten Kutai barat dalam rangka pelaksanaan tugas dan fungsinya, dan tujuan terselenggaranya acara ini diharapkan para peserta agar dapat memiliki keahlian dan skill dari profesional dalam melaksanakan tugasnya.(hms10)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00