Polisi Selidiki Pinjol Ilegal di Balikpapan

KBRN, Balikpapan– Pinjaman online (pinjol) yang menjadi sorotan Presiden RI Joko Widodo membuat Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan jajarannya di seluruh daerah untuk memberantasnya. Tanpa terkecuali di Balikpapan yang memang kerap meresahkan warga dengan aksi teror ataupun ancaman dari operator Pinjol tersebut. 

Jajaran Satreskrim Polresta Balikpapan saat ini tengah melakukan penyelidikan untuk mengendus ada tidaknya keberadaan Pinjol ilegal yang berada di wilayah hukum Polresta Balikpapan. 

"Untuk Pinjol ya kita masih melakukan penyelidikan terkait adanya praktik ini di wilkum Balikpapan, karena masih kita lidik memang berkantor di luar Balikpapan,” terang Kasat Reskrim Polresta Balikpapan, Kompol Rengga Puspo Saputro.

Rengga mengatakan memang operator Pinjol didominasi berkantor di luar Balikpapan sehingga pihaknya kerap menemui kendala. Kemudahan akses melalui situs Internet atau aplikasi Pinjol juga menjadi kendala dalam penyelidikan. 

"Yang kami dapati kebanyakan dari situs atau aplikasi itu di luar wilkum Balikpapan,” ujarnya.

Meski demikian pihaknya hingga kini belum menerima laporan adanya korban Pinjol dari warga Balikpapan. 

“Sejauh ini masih belum ada laporan, untuk yang di Balikpapan,” tuturnya.

Rengga mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada terhadap Pinjol tersebut dan lebih selektif dalam memilih Pinjol. Ia menyarankan agar mengecek terlebih dahulu apakah Pinjol tersebut legal atau tidak. 

"Diimbau jika ingin melakukan pinjaman online dicek dulu apakah ada tercatat di OJK," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00