Kaltim Kedatangan 27.495 Vial Vaksin Impor Dari Swiss

KBRN, Balikpapan - Sebanyak 27.495 vial vaksin yang diimpor dari Swiss tiba di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Kamis malam (21/10) di Bandara SAMS Sepinggan. Vaksin tersebut langsung dipindahkan sementara ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) PT Birotika Semesta (DHL) untuk kemudian dikirim ke Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim pada Jumat besok.

Kepala Bea dan Cukai Balikpapan, Firman Sane Hanafiah mengatakan vaksin tersebut diberangkatkan dari Swiss sejak hari Selasa (19/10) menggunakan maskapai My Indo Airlines. Vaksin sempat mendarat terlebih dahulu di Singapura lalu kemudian lenjut ke bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

"Di Indonesia mungkin bukan yang pertama vaksin impor, tapi ini kali pertama di Kalimantan dalam rangka percepatan vaksinasi di Indonesia," ujarnya dihadapan awak media.

Firman mengatakan pihaknya turut serta dalam membantu penanganan dan percepatan vaksinasi. yakni memberikan fasilitas serta pelayanan segera (rush handling) bagi importasi vaksin ini. Termasuk pembebasan bea masuk dan tidak dipungut PPN.

"Impor vaksin ini juga diberikan fasilitas fiskal berupa pembebasan bea masuk, tidak dipungut PPN atau PPnBM, dibebaskan dari pungutan PPh pasal 22," ungkapnya.

Vaksin tersebut harus segera dibawa ke Dinas Provinsi Kaltim, sebab kalau tidak pabrik pemilik vaksin akan mendapat alarm tanda melewati batas yang ditentukan yakni tujuh hari.

"Ini masih dikemas, tidak bisa dibuka karena ada prosedur dan protokoler penanganan kondisi suhu. Maksimal tujuh hari harus tiba, sebab kalau suhu sudah turun dibawah batas suhu normal itu ada alert di kepabrikannya. Jadi memang udah canggih, kami pun nggak berani buka," jelasnya.

Firman berharap kedatangan vaksin tersebut dapat mempercepat pelaksanaan vaksinasi sehingga tercapainya herd immunity di Kaltim khususnya di Balikpapan.

"Kami berharap pelaksanaan vaksinasi di Indonesia dapat lebih cepat dan merata, khususnya bagi penanganan pandemic," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00