242.884 Pelaku UMKM Terdampak Covid di Kaltim Dapat Bantuan Rp1,2 Juta

KBRN, Balikpapan - Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan bantuan kepada pelaku UMKM sebesar Rp1,2 juta. Bantuan tersebut diberikan mengingat sektor UMKM cukup terdampak selama pandemi Covidd-19.

Total yang mendapat bantuan tersebut sebanyak 242.884 UMKM. Diantaranya Balikpapan sebanyak 37.867 ribu orang, Samarinda 57.691 orang, Kutai Kertanegara 44.629, Penajam Paser Utara 8.658 orang, Mahakam Ulu 132 orang fdan Kutai Barat 5.416 orang. Bantuan tersebut dirasa dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kaltim sebesar 5,6 persen.

"Itu membantu mereka untuk bahan baku saja, contoh kemarin kita uji petik ke 12 titik oh ternyata dia jual es, oh ternyata mixer nya rusak dia belikan Rp 300 ribu,” ujar Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Provinsi Kaltim Moh Yadi Robyan Noor disela-sela Penyerahan BPUM di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Sabtu (16/10).

Yadi mengatakan bahwa ada beberapa persyarakat yang wajib dipenuhi penerima yakni NIK dan punya usaha dibuktikan surat dari pemerintah setempat. Kemudian memiliki Nomor Inuk Berusaha (NIB).

“Ketiga dia tidak pernah pinjam duit, kemudian yang ke empat dia tabungannya dibawah Rp 2 juta, bukan ASN, TNI – Polri dan bukan BUMN,” katanya.

Ada beberapa alasan mengapa masih ada yang tidak menerima bantuan tersebut. Yakni penerima telah meninggal dunia, pindah alamat, dan alamat yang ada di KTP berbeda dengan alamat usaha. Sehingga sampai saat ini uang bantuan tersebut belum diserahkan.

"Kemudian dia menulis di KTP dengan alamat sebenarnya tidak tepat, dia “sekolah” atau ditahan (penjara). Kalau tidak mendapatkan bantuan tidak memenuhi kriteria," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00