Kebutuhan Meningkat, DLU Kaji Pembukaan Rute Balikpapan-Sulteng

KBRN, Balikpapan - Kebutuhan pengiriman barang menggunakan transportasi laut khususnya kapal feri sepertinya semakin tinggi. Melihat peluang tersebut, PT Dharma Lautan Utama (DLU) bakal membuka rute Balikpapan-Sulawesi Tengah (Sulteng) dalam waktu dekat.

Branch Manager DLU Balikpapan, Saleh membenarkan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan pengembangan usaha yakni membuka rute baru menuju Sulteng.

"Kecenderungannya kami ke Sulawesi Tengah, karena posisinya lebih ditengah, mungkin logistik dari Sulawesi Barat (Sulbar) juga bisa lewat situ, ke arah yang lebih utara, seperti di Gorontalo juga masih bisa dijangkau ke situ. Jadi kita mengkaji akses di daerah itu," ujarnya.

Pihaknya ters melakukan pengkajian dari sisi kebutuhan serta pelayanan di daerah tersebut. Memang diakui saat ini pelayanan kapal di daerah tersebut, hanya saja masih terbilang kecil.

"Memang sih pelayanan di daerah itu sudah ada tetapi tetapi kapalnya masih terlalu kecil, mungkin tidak sesuai dengan suplai yang ada, sehingga mereka juga tidak bisa berkembang," tuturnya.

Selain itu untuk kebutuhan pengiriman barang dari Balikpapan menuju Sulteng juga cukup tinggi. Sebab DLU melihat segi kerjasama pembangunan konstruksi dari Balikpapan ke Sulteng juga cukup tinggi.

"Sebagai contoh angkutan bus-bus yang digunakan perusahaan-perusahaan disana itu didatangkan dari sini. Jadi kalau buka rute disana pasti akan membawa dampak besar untuk kerja sama antar daerah," ungkapnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00