Vaksinasi Covid 19 Untuk Lansia di Kalimantan Timur

Pemberian vaksinasi COVID-19 atau virus corona di Kalimantan Timur (Kaltim) memasuki tahap kedua. Memasuki tahapan lanjutan ini, pemberian vaksin juga diberikan kepada kelompok masyarakat lanjut usia (lansia). dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan menyatakan lansia di atas 60 tahun didahulukan, karena risiko kematian dan kesakitan akibat terinfeksi COVID-19 pada golongan umur tersebut meningkat 20-30%.

Dalam dialog bersama RRI pada Kamis, 25 Februari 2021 kemarin, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Samarinda, dr. Ismed Kusasih, mengkonfirmasi bahwa menurut petunjuk Kementerian Kesehatan untuk pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini baru diprioritaskan untuk ibukota provinsi dengan jumlah sekitar dua puluh ribuan yang diperuntukan untuk lansia dan petugas pelayanan publik.

Para lansia bisa melakukan pendaftaran secara online melalui situs samarinda.kemkes.go.id. dengan dibantu oleh sanak keluarganya untuk mengakses tautan tersebut. dr. Ismed Kusasih juga menyebut bahwa pihaknya menyediakan fasilitas pendaftaran walk in pada fasilitas kesehatan terdekat yang dilaksanakan pada saat vaksinasi berlangsung.

Sebelum diberikan vaksinasi, akan dilakukan screening kesehatan terlebih dahulu untuk mengecek berat badan, tinggi badan, tekanan darah, gula darah, dan kolesterol para lansia. Pihaknya juga menjamin para petugas kesehatan juga akan memberikan pelayanan ramah lansia dan memperlakukan lansia yang akan divaksin seperti layaknya orangtua sendiri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00