Akibat Corona, Pelayanan Kontrasepsi MKJP Tak Sesuai Target di Peringatan WCD

KBRN, Samarinda : Dalam rangka peringatan Hari Kontrasepsi Dunia tahun 2020, Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Timur bersama dengan Tim Penggerak PKK Kaltim menghadiri sekaligus menutup pelayanan KB di Pukesmas Lempake, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Jum’at (25/9/2020) yang ditandai dengan pelepasan balon udara.

Disela acara, Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Muhammad Edi Muin mengatakan partisipasi masyarakat untuk ber KB dinilai sangat tinggi, namun karena ada pembatasan layanan diakibatkan covid 19. Sehingga capaian target yang diinginkan dalam peringatan World Contraception Day ini tidak tercapai.

“Animo masyarakat kita sangat luar biasa untuk ber KB itu, tetapi karena ada pembatasan disetiap faskes pelayanan kb, jadi target kita tidak tercapai. Namun disisi lain kita sudah mencapai target pada Harganas kemarin”ungkap Edi.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak  PKK Kaltim Norbaiti Isran Noor mengungkapkan, meskipun target akseptor tidak tercapai pada Hari Kontrasepsi tahun ini banyak pasangan suami istri yang menggunakan KB dengan jenis lain, mengingat kontrasepsi yang disediakan hanya MKJP seperti Implant dan IUD/Spiral.

“Jadi kami telah lakukan sosialisasi sebelumnya ke Kabupaten/Kota dan akhirnya memang tidak mencapai taget. Karena memang banyak pasangan ingin menggunakan KB yang lain seperti jenis yang jangka pendek, karena yang disediakan ini semua jangka panjang”jelas Norbaiti.

Kepala Pukesmas Lempake Misbahuddin Hasan pun mengakui, kegiatan di Pukesmasnya di batasi selama ada pandemi covid 19. Namun ia melihat peminat KB di daerahnya cukup banyak, bahkan ada beberapa akseptor langsung melakukan pelayanan oleh Bidan Pukesmas Lempake di tempat praktek dikarenakan ada pembatasan jam operasional Pukesmas.

“Kami memang membatasi pelayanan sampai jam 10 pagi saja sampai dengan covid ini berakhir dan untuk yang berkb jangan khawatir, silahkan kontak bidan kami langsung jadi bisa melakukan pemasangan di Praktek bidan tersebut”tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00