Stok Darah di PMI Samarinda Saat ini Minim

KBRN, Samarinda: Berdasarkan data dari Palang Merah Indonesia PMI cabang kota Samarinda, per-3  Agustus 2020  hanya tersedia sebanyak 189  kantong darah.//

Ke-189 kantong darah  itu terdiri dari golongan darah WB atau darah lengkap untuk golongan darah A tercatat  sebanyak 7 kantong, B 6, darah O 10 dan golongna darah AB sebanyak 6 kantong.

Sedangkan darah PCR atau darah merah tersedia sebanyak 160 kantong terdirI dari golongan  darah A tercatat  sebanyak 50 kantong, B 60, darah O 40 dan golongna darah AB sebanyak 10 kantong. Sementara untuk stok darah trambosit tersedia  sebanyak 4 kantong masing-masing golongan darah A 1 kantong, darah  1 kantong, darah O 1 kantong dan darah AB 1 kantong.

Plt Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Samarinda, Dr Helda Fitriany kepada RRI di Samarinda  Selasa  (4/8/2020) mengatakan, jumlah tersebut dinilai masih sangat kurang, karena biasanya stok darah yang tersedian paling sedikit 500 kantong darah.

Hal ini disebabkan karena merebaknya corona virus atau covid-19, sehingga pendonor khawatir tertular jika  melakukan donor darah. Kata Helda

“Kurangnya stok darah ini karena warga yang mendonor saat ini sekitar 20-30 lah itu ditambah memang dari keluarga tapi kalo memang pendonor sukarelanya sih agak kurang.”

Helda menjelaskan, dalam melayani para pendonor di tengah pandemic covid-19 PMI melakukan beberapa langkah diantaranya adalah dengan menyediakan hand sanitizer di pintu masuk, dan membatasi jarak kursi di ruang tunggu.

Sebelum masuk, pengunjung diwajibkan untuk membersihkan tangan mereka dengan hand sanitizer yang di sediakan didepan pintu.pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00