Tidak Perlu Khawatir Donor Darah Selama Pandemi

KBRN, Sendawar: Ketersediaan darah di Unit Transfusi Daerah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami penurunan 25 hingga 40 persen Akibat pandemi Virus jenis baru (Covid-19).

Kepala UTD PMI Kutai Barat dr. Eri Sarudin mengatakan, sejak pandemi covid-19 ini terjadi, jumlah pendonor mulai menurun akibat adanya pembatasan sosial dan kebanyakan masyarakat merasa takut mendonorkan darah, karena khawatir akan terpapar virus corona.

“Memang ada penurunan 25 sampai 40 persen dari sebelum pandemi. Jadi untuk jenis golongan darah yang ada ini, untuk golongan (O) 38 kantong, golongan (B) 25 kantong, golongan (A) 20 kanatong, golongan (AB) 3 kantong. Jadi yang paling sedikit ini golongan AB, kebetulan tidak sebanyak golongan darah yang lain. Kalau target kita untuk stok emergency golongan darah AB inikan, sekitar 3 sampai 6 kantong, sementara sekarang posisinya hanya ada 3 kantong saja yang free,”katanya

Kepala Unit Transfusi Darah Palang Merah Indnonesia Kabupaten Kutai Barat – dr. Eri Sarudin

Untuk mengatasi kondisi tersebut lanjut dr. Eri, tidak banyak yang bisa dilakukan, dimana selama pandemi ini, pihaknya hanya bekerjasama dengan Kepolisian dan TNI. Itupun proses penyadapan darahnya dilakukan di UTD PMI Kubar, komplek Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Harapan Insan Sendawar (HIS).

“Kalu sebelum pandemikan kita bisa pergi ke sejumlah Perusahaan sampi daerah perbatasan antar wilayah, namun karena pandemi ini, kami membatasi kegiatan keluar, itu yang pertama. Yang kedua, dari perusahaanpun membatasi kegiatan yang mengumpulkan masa. Biasanya kalau kegiatan diluarkan, bisa mengumpulkan 50 sampai 100, bahkan kadang bisa 200 orang. Jadi selama pandemi ini, dikurangi kegiatan seperti itu,”ungkap Eri.

Dr. Eri Sarudin menegaskan, memang selama pandemi ini pihaknya tidak melakukan kegiatan donor darah diluar atau fokus melayani pendonor di UTD PMI Kubar yang berada di kompel RSUD HIS, dengan standar protokol kesehatan Covid-19.

Selanjutnya : Masyarakat Tidak Perlu Khawatir Donor Darah Selama Pandemi

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00