Warga Kubar Terbantu Dengan Program JKN-KIS

KBRN, Sendawar: Masyarakat Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) merasa sangat terbantu dengan  program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, terutama bagi pesertanya yang harus berurusan dengan masalah kesehatan dan kondisi keuangan yang sulit.

Hal itu seperti diungkapkan Fidelis Nyongka, salah satu peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan di Kubar. Walaupun jarang menderita sakit, namun ketika dibutuhkan, program jaminan kesehatan tersebut sangat bermenfaat. Bahkan, pengalaman kerabatnnya yang harus mencuci darah setiap bulan, tidak perlu mengeluarkan biaya pengobatan di Rumah Sakit karena sudah ditangungg oleh BPJS Kesehatan.

“Seperti teman saya yang sudah berbulan-bulan cuci darah dan lain sebagainya, itukan bermenfaat sekali. Coba kalau dia tidak pakai BPJS, mungkin sudah tidak bisa bayar lagi. Tapi karena sudah ditanggung BPJS, dia hanya menyiapkan ongkos jaga, ongkos transport aja kalau pergi cuci darah ke Samarinda. Kemudian ada juga yang melahirkan, coba kalau tidak pakai BPJS, sudah berapa juta yang dikeluarkan, tapi karena jadi peserta ya pasti ditanggung sama BPJS itu sendiri. Jadi saya lihat BPJS ini banyak sekali menfaatnya,”kata Fidelis kepada RRI Sendawar, Jumat (29/5/2020)

Namun demikian, Ia mengharapkan agar pelayanan BPJS Kesehatan di Wilayah tersebut dapat diperluas, menjangkau 16 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kutai Barat. Guna memudahkan masyarakat, baik dalam kepengurusan kepesertaaan maupun membayar iuran peserta.

Selanjutnya : Warga Kubar Terbantu Dengan Program JKN-KIS

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00