Kaltim Targetkan 2027 bebas Malaria

KBRN, Samarinda : Kementerian Kesehatan menargetkan Indonesia bebas malaria di tahun 2030. Sebanyak 5 regional telah ditetapkan sebagai target eliminasi untuk mencapai bebas malaria.

Kalimantan Timur mendapatkan target 2027 sudah bisa mencapai bebas malaria dengan berbagai upaya yang saat ini tengah dilakukan.

Kepala Seksi P2 Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kalimantan Timur dr. Ivan Haryadi mengatakan keberhasilan itu juga ditentukan oleh pengendalian faktor lingkungan.

Hal ini menurutnya disebabkan adanya tempat perkembangbiakan nyamuk seperti tambak terbengkalai, persawahan, perkebunan dengan genangan air, rawa, lagun dan lingkungan dengan genangan air lainnya.

“Dibutuhkan keterlibatan masyarakat dan sektor swasta, seperti perusahaan pertambangan, perusanaan perkebunan, dan perusahaan-perusahaan lain yang memberikan dukungan sumber daya sebagai tanggung jawab sosial perusahaan,” kata Ivan di Samarinda Kamis (7/7/2022)

Ivan juga menuturkan perlu penguatan koordinasi lintas sektor pemerintah  daerah maupun pihak, baik pemerintah, swasta terkait, untuk membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang menghambat percepatan eliminasi malaria, karena tidak mungkin  mencapai eliminasi malaria di tahun 2027 jika hanya diselesaikan oleh sektor kesehatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar