Kaltim Masuk 5 Besar Malaria Tertinggi

dr Ivan Haryadi g

KRBN, Samarinda : Kepala Seksi P2 Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kalimantan Timur dr. Ivan Haryadi mengungkapkan, Kaltim menjadi provinsi tertinggi ke 5 nasional kasus penyakit malaria dan termasuk daerah endemis tinggi.

Dirinya menyebutkan, Papua menjadi daerah tertinggi kasus penyakit Malaria secara nasional dengan menyumbang sekitar 90 persen kasus.

Sedangkan di Kaltim, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) masih menjadi daerah endemis tinggi kasus Malaria. Padahal kabupaten tersebut masuk dalam wilayah utama Ibukota Nusantara.

“Jadi memang sebenarnya kalo dari sisi jumlah kasus tahun 2021 kita dalam peringkat lima, jadi kita harus fokus untuk menurunkan ini dan apalagi Kaltim menjadi IKN yang baru,’kata Ivan saat berbincang di RRI Samarinda, (7/7/2022).

Kemudian, 3 kabupaten/kota yang berada di sekitar wilayah IKN, yakni Kutai Kartanegara, Paser dan sebagian Balikpapan juga harus melakukan antisipasi terhadap penularan kasus Malaria. Sementara itu, 3 kota di Kaltim, yakni Samarinda, Bontang dan Balikpapan sudah melakukan eliminasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar