MUI Keluarkan Fatwa Hewan Qurban Terinfeksi PMK Untuk Boleh Disembelih

KBRN, Samarinda : Ketua Komisi Fatwa Halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim H. Busyairi mengatakan MUI telah mengeluarkan fatwa sapi terinfeksi penyakit mulut dan kuku boleh disembelih saat Idul Adha 2022. Namun hanya sapi yang terjangkit PMK kategori ringan.

Keputusan itu dikeluarkan dalam kongres halal Internasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Bangka Belitung.

H. Busyairi menjelaskan, fatwa diperbolehkan sapi atau kambing untuk kurban yang terinfeksi PMK ringan seperti terlihat dari bentuk tubuhnya yang masih gemuk, tidak pincang, hanya keluar sedikit air liur dari mulut, dan kukunya tidak lepas.

“Jadi untuk mengetahui dan memastikan PMK ringan pada sapi dan kambing, menurutnya pihaknya bekerjasama dengan tim kesehatan hewan di masing-masing daerah,”kata H. Busyairi.

MUI juga mengingatkan masyarakat yang hendak berkurban agar benar-benar mampu memilih hewan baik sapi atau kambing yang memenuhi syariat Islam.

Sebaran PMK yang saat ini tengah menjangkit ternak di Indonesia, persyaratan sehat bagi ternak kurban mendapat kelonggaran. Hal ini dilakukan karena melihat adanya peluang ternak terjangkit penyakit setelah dibeli dari pedagang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar