Manfaat Bawang Dayak Bagi Kesehatan

KBRN, Samarinda: Bawang Dayak sudah dipercaya secara turun temurun sebagai obat tradisional masyarakat Dayak, Kalimantan. Bahkan dalam penelitian yang diterbitkan National Institutes of Health (NIH), menemukan aktivitas antibakteri yang baik dan kuat, serta manfaat terapeutik.

Efek penyembuhan dan manfaat bawang Dayak untuk kesehatan mungkin karena senyawa aktifnya.

Dilansir dari laman alodokter, Bawang Dayak kaya akan flavonoid dan fenol, seperti antosianin, yang memberikan manfaat antioksidan. Bawang Dayak juga mengandung glikosida, kina, dan sifat anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus.

Berdasarkan hasil skrining fitokimia pada ekstrak etanol bawang Dayak menunjukkan adanya kandungan metabolit sekunder seperti flavonoid, naftokuinon, antrakuinon, alkaloid, saponin, tanin, triterpenoid dan steroid.

Masyarakat asli Kalimantan menggunakan Bawang Dayak untuk kondisi gangguan usus, parasit, darah tinggi, sembelit, hingga virus.

Berikut sejumlah manfaat bawang Dayak:

1. Mencegah Infeksi Bakteri

Bawang Dayak mampu mencegah penyakit akibat infeksi bakteri.

Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak etanol bawang Dayak mampu melawan bakteri patogen Staphylococcus aureus. Patogen tersebut dapat menyebabkan berbagai infeksi, seperti infeksi kulit, sepsis, dan osteomielitis.

2. Mengatasi Sakit Perut

Bawang dayak dikenal juga sebagai bawang sabrang, bawang berlian, serta bawang arab yang dnilai bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan fitokimia, di antaranya alkaloid, glikosida, flavonoid, fenolat, steroid, dan tanin.Kandungan tanin dalam bawang Dayak dinilai mampu mengatasi sakit perut.

Saat mengalami sakit perut yang diakibatkan gangguan pencernaan, bisa mencoba mengonsumsi bawang Dayak. 

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Bawang Dayak juga terkenal akan kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Begitu baik dalam menjaga kesehatan jantung.

Dengan rutin mengonsumsi bawang Dayak, serta disiplin menjalankan olahraga secara teratur dan menjaga pola makan sehat, diyakini mampu meningkatkan kesehatan jantung.

4. Melawan Radikal Bebas

Kandungan antioksidan seperti triterpenoid, polifenol, dan flavonoid di dalam bawang Dayak berperan penting bagi kesehatan tubuh. Ini bisa melawan paparan radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kerusakan sel-sel dalam tubuh.

Jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat, manfaat bawang Dayak akan membantu mengurangi risiko masalah penuaan dini, kanker, dan demensia.

5. Mengobati Luka Kulit dan Bisul

Manfaat bawang Dayak selain baik untuk dalam tubuh, bisa juga menjadi pengobatan luka dan bisul. Hal ini karena kandungan antimikroba yang dikandungnya.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat bawang Dayak selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Berdasarkan penelitian yang menyebutkan bahwa ekstrak etanol pada bawang Dayak bisa meningkatkan kepadatan dan bobot tulang. Dengan demikian, dipercaya mampu mengurangi risiko menderita penyakit tulang, seperti osteoporosis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar