Isran Noor, Menjelang Idul Adha, Kaltim Berhati-hati terhadap PMK Sapi

KBRN, Samarinda: Menjelang Idul Adha Gubernur Isran Noor  berharap penyakit   Muka dan Mulut  (PMK )   sapi tidak masuk  di Kaltim, seperti 17 daerah di Kawasan Jawa.  

Saat ini santer terdengar issue terkait Penyakit mulut dan kuku yang merupakan wabah virus pada hewan ternak ruminansia. Wabah ini menyebabkan penyakit viral yang sangat menular dan menyerang semua hewan berkuku belah/genap seperti sapi, kerbau, domba, kambing, rusa, unta, dan termasuk hewan liar.

Dengan itu Gubernur Kaltim Isran Noor berharap , penyakit PMK Sapi tidak ada di daerahnya, mengingat sebentar lagi Idul Adha 1443 Hijriah atau 2022 Masehi, akan berlangsung hal itu di katakanya di Samarinda  Kamis ( 26/05/2022 ).

“ Penyakit mulut dan kuku (PMK)  Jenis penyakit ini disebabkan dari virus yang kebanyakan berasal dari mama lia  berkaki empat, dan mudahan tidak Masuk Ke Kaltim seperti daerah lain” Kata Isran Noor.  

Menurut Isran Noor Gubernur Kaltim dalam setahunya kebutuhan ternak seperti sapi  untuk konsumsi daging sapi di Provinsi Kaltim masih membutuhkan support dari luar. dengan itu agar para Penyedia hewan Kurban dan Daging untuk berhati-hati dan selalu waspada terhadap Penyakit PMK tersebut. ( **/Rudi)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar