Telapak Kaki Kasar, Ini Tips Mengatasinya.

KBRN, Samarinda : Telapak kaki yang kasar menjadi salah satu gangguan kulit yang sering dialami oleh banyak orang. Biasanya, hal ini disebabkan akibat kondisi kulit bagian telapak kaki kering sehingga lebih mudah mengelupas dan menyebabkan telapak kaki kasar.

Telapak kaki yang kasar sangat umum dialami oleh siapa saja. Ada beberapa kondisi yang dapat memicu seseorang memiliki telapak kaki yang kasar, mulai dari kondisi kulit kering, berdiri terlalu lama, berjalan tanpa menggunakan alas kaki, penggunaan sabun yang tidak cocok untuk kulit kaki, hingga terlalu sering terkena air hangat.

Dikutip dari orami.co.id, Emma Supple, konsultan podiatris mengatakan “Kulit pada telapak kaki dapat kehilangan elastisitasnya ditandai dengan penebalan atau terasa kasar. Hal ini bisa terjadi saat berjalan atau berolahraga. Jika tidak diatasi atau dibiarkan begitu saja, maka bisa mengakibatkan infeksi yang lebih dalam.

Berikut ini beberapa cara mengatasi telapak kaki yang kasar, dikutip dari halodoc.com :

1. Gunakan Pelembap Kaki

Anda bisa membeli pelembap kaki yang dijual bebas di toko kesehatan maupun apotek. Carilah pelembap kaki yang memiliki kandungan tepat agar telapak kaki yang kasar bisa membaik.  Gunakan pelembap kaki setiap akan beraktivitas untuk meningkatkan kelembapan kaki anda. Pastikan juga anda menggunakan alas kaki yang nyaman saat beraktivitas.

2. Rendam dan Eksfoliasi Kulit Kaki

Rendamlah kaki menggunakan air hangat selama 20 menit. Setelah 20 menit, kulit kaki akan menjadi lebih lembap sehingga anda lebih mudah untuk melakukan eksfoliasi. Hindari melakukan eksfoliasi saat kaki kering. Hal ini bisa memperburuk kondisi kulit kaki. Gunakan loofah, scrub eksfoliasi, atau batu apung untuk menggosok telapak kaki yang kasar. Lakukan dengan lembut dan perlahan. Setelah selesai, keringkan kaki dan berikan pelembap kaki pada bagian yang kasar.

3. Gunakan Masker Alami di Bagian Kaki

Anda bisa mencoba masker alami untuk bagian kaki dengan menggunakan beberapa bahan yang mudah ditemui, seperti pisang, alpukat, minyak kelapa, dan madu. Seluruh bahan alami tersebut memiliki manfaat untuk menjaga kelembapan kulit kaki sehingga telapak kaki yang kasar dapat diatasi dengan baik. Caranya, anda bisa haluskan beberapa bahan tersebut dan balurkan pada area kaki selama beberapa menit. Bilas bersih dan selalu gunakan alas kaki saat beraktivitas agar telapak kaki tetap halus dan lembut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar