Posyandu Turi Putih RT 48 Samarinda, turut berperan Pencegahan Hepatitis Akut

Kegiatan Bulanan Posyandu Turi Putih RT 48 (Dok Foto Siti Rokhayahna)

KBRN, Samarinda : Peran Posyandu Sebagai Ujung Tombak perlu di perkuat untuk pencegahan Hepatitis Akut , khususnya di wilayah Bengkuring Samarinda.

Hal ini di kemukakan langsung Siti Rokhayahna selaku Ketua Posyandu Turi putih RT 48 ,Kelurahan Sempaja Timur, Kecamatan Samarinda Utara, Menurutnya posyandu terus menyiagakan seluruh Kadernya untuk menghadapi potensi penyebaran Hepatitis Akut yang tengah marak.

Menurut Siti, Salah satunya saat pertemuan sebulan sekali , sebelum para ibu dan Anak di berikan Imunisasi dasar , sebelum masuk areal harus  mentaati protokol kesehatan bahkan diera pandemi.

“selama ini posyandu Turi Putih RT 48 , sudah aktif dalam memantau perkembangan tumbuh kembang balita dan anak-anak setiap bulannya. Para kader juga mendapatkan pembinaan khusus dari tenaga kesehatan di puskesmas yang menaungi.”Kata Siti Rokhayahna,Senin,(16/5/2022)

Kedepan membawahi 100 orang anak yang perlu di bina kesehatannya, Posyandu Turi Putih RT 48 , kewaspadaan terus ditingkatkan di tengah merebak kasus hepatitis akut. Hal itu mengacu kepada surat edaran Kementerian Kesehatan dan WHO untuk mengantisipasi penyakit yang belum diketahui penyebabnya tersebut.

Kegiatan Apresiasi Pemkot Kepada Posyandu Turi Putih RT 48 (Dok foto Siti Rokhayahna)

Siti mengatakan penularan penyakit hepatitis akut terjadi melalui mulut. Oleh karena itu upaya pencegahan yang dilakukan dengan menjaga perilaku saat makan seperti mencuci tangan dan makanan yang dimakan harus matang dan bersih.

"Antisipasi tadi nomor satu masyarakat harus paham, (penyakit) dapat terjadi apabila tidak menjaga perilaku kita saat makan, sebelum makan, menyiapkan makanan dan memilih makanan," katanya.

Pihaknya  pun sesama kader terus mensosialisasikan waspada Hepatitis,  sebab penyakit tersebut dapat menyebabkan kejang dan penurunan kesadaran apabila tidak diantisipasi sejak dini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar