Menangis Bantu Turunkan Berat Badan

Sumber Foto : Klik Dokter.com

KBRN, Samarinda : Menangis adalah respons fisik akibat dari refleks ataupun dari gejolak emosi yang dirasakan oleh seseorang. Pada beberapa kasus menangis adalah sinyal yang dikirimkan oleh seseorang pada orang lain untuk memberitahu bahwa seseorang itu betul betul sedih atau tertekan.

Tapi tahukah Anda, ternyata menangis dapat membantu menurunkan berat badan. Dilansir dari laman wolipop.detik.com, beberapa penelitian membuktikan bahwa agar bisa kehilangan bobot tubuh hanya dengan mengeluarkan air mata, ada jam-jam khusus yang disarankan.

Dijelaskan Dr. Aaron Neufeld dari Los Altos Optometric Group, ada tiga jenis tangisan yakni Basal, Refleks, dan Fisik. Air mata atau tangisan basal bertujuan untuk membuat mata tetap lembap. Sedangkan air mata refleks merupakan hasil dari iritasi sebagai bentuk tubuh memperbaiki diri. Sedangkan air mata fisik adalah yang biasa dikeluarkan karena terpengaruh perasaan dan emosi.

Jenis tangisan fisik adalah yang dikatakan bisa menurunkan berat badan. Hal ini memang masuk akal mengingat emosi yang dirasakan ketika kita mengeluarkan air mata karena alasan perasaan. Air mata fisik dapat mengurangi bobot tubuh karena mengurangi tingkat kortisol, sebuah hormon stres yang terkait dengan lemak perut.

Menangis hanya untuk mengurangi berat badan tentu bukan alasan yang benar. Namun menangis memang punya efek positif tak hanya untuk mental tapi juga fisik. Studi yang pernah dilakukan sebelumnya oleh ahli biokimia William Frey mengungkap jika menangis bisa membantu mengeluarkan zat beracun karena stres.

Menurut sebuah studi, untuk bisa mengurangi berat badan, menangis perlu dilakukan antara pukul 19:00 hingga 22:00. Hal tersebut dikarenakan periode puncak untuk mengoptimalkan efek pengeluaran kortison.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar