Pasien Omicron Boleh Isoman di Rumah, Ini Syaratnya

Sumber Foto : Berita Satu.com

KBRN, Samarinda : Jumlah pasien virus corona atau Covid-19 varian Omicron di Indonesia terus bertambah. Tercatat hingga 21 Januari 2022, pasien omicron tembus angka 1.078 kasus.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi, melalui keterangan resminya menyampaikan pasien konfirmasi Omicron boleh isolasi mandiri di rumah sesuai dengan surat edaran terbaru Menteri Kesehatan RI Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang pencegahan dan pengendalian kasus Covid-19 varian Omicron yang ditetapkan 17 Januari 2022.

Dilansir dari laman Okezone.com, dalam surat edaran baru ditetapkan bahwa pasien konfirmasi Covid-19 varian omicron tanpa gejala dan gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri jika memenuhi syarat klinis dan syarat rumah.

1. Syarat klinis

- Berusia di bawah 45 tahun

- Tidak memiliki komorbid

- Dapat mengakses telemedis atau layanan kesehatan lainnya

- Berkomitmen untuk tetap diisolasi sebelum diizinkan keluar

2. Syarat rumah

- Pasien harus dapat tinggal di kamar terpisah, lebih baik lagi jika lantai terpisah

- Memiliki kamar mandi terpisah dengan anggota keluarga lainnya

- Dapat mengakses pulse oksimeter

Jika pasien tidak memenuhi syarat klinis dan syarat rumah, maka pasien harus melakukan isolasi di fasilitas isolasi terpusat. Selama isolasi, pasien harus dalam pengawasan Puskesmas dan Satgas setempat.

Isolasi terpusat yang dimaksud tersebut dilakukan pada fasilitas publik yang dipersiapkan pemerintah pusat, pemerintah daerah, atau swasta yang dikoordinasikan oleh Puskesmas dan dinas kesehatan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar