FOKUS: #VAKSIN COVID

Dinas Kesehatan Mahulu vaksinasi lansia dengan sistem jemput bola

Vaksinasi Lansia.jpg

KBRN, Mahulu: Untuk membentuk kekebalan kelompok atau populasi masyarakat perbatasan, Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKP2KB) melakukan vaksinasi jemput bola dosis I bagi lansia di kawasan perbatasan.

Kegiatan ini memprioritaskan warga yang berusia 60 tahun ke atas, yang dianggap rentan terhadap serangan virus mematikan Covid-19.

Agustinus Teguh Santoso Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Mahakam Ulu menyebutkan, pelayanan ini dikhususkan bagi para lansia, agar tidak berkerumun dan mengantre panjang pada kegiatan vaksinasi missal.

“Jadi Kami bekerja sama dengan Polsek dan Koramil di masing-masing kecamatan melalui Babinsa dan Babinkamtibmas   menggalakkan vaksinasi dosis I terutama untuk lansia, karena lansia ini merupakan kelompok yang paling beresiko tinggi terhadap penyebaran Covid-19 apalagi kalau lansia nya punya komorbid / penyakit bawaan, ini sangat berbahaya,” ujar Kadiskes.

Dikatakan, vaksinasi yang dilaksanakan secara jemput bola kali ini hanya mencari lansia yang belum pernah divaksin samasekali, agar pemberian imun tubuh tersebut dapat dilakukan secara merata.

Selain itu, percepatan pemberian vaksinasi bagi para lansia sangat penting, sebab berdasarkan penelitian para lansia merupakan kelompok paling rentan terhadap paparan Covid-19.

“Karena sekarang vaksinasi bisa untuk umur 6-11 tahun ke atas jadi semua masyarakat di segala umur/kelompok sasaran yang sudah berumur 6 tahun ke atas, bagi yang belum vaksin untuk segera mendaftarkan diri supaya segera diberikan vaksin karena penting terhindar dari bahaya paparan Covid-19. Apalagi dengan adanya strain omicron terbaru ini,” terang teguh.

Diharapkan melalui vaksinasi ini akan mendukung terbentuknya herd immunity yang dapat melindungi masyarakat luas dari  resiko terpapar covid-19 di seluruh masyarakat Mahulu.

Disebutkan dengan sistem jemput bola ke rumah – rumah atau membawa para lansia ke tempat vaksin yang sudah disediakan, dengan tujuan agar bisa mendapatkan vaksinasi sehingga nantinya  mempunyai antibodi untuk melindungi dirinya dari Infeksi  Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar