FOKUS: #VAKSIN COVID

2 Ribu Lebih Anak Divaksin dalam Launching Vaksinasi Anak di Kubar

Sekretaris Daerah Kutai Barat, Ayonius meninjau kegiatan launching vaksin anak usia 6-11 Tahun di Alun-alun Itho Sendawar. (Foto. Dokpim Kubar)

KBRN, Sendawar: Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) sukses menggelar launching vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac bagi anak usia 6-11 tahun,  di alun-alun Itho Sendawar,  dan serentak di 11 Puskesmas disejumlah Kecamatan dalam wilayah Kutai Barat, Rabu (19/1/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Kubar,  dr Ritawati Sinaga mengatakan, pelaksanaan kegiatan vaksinasi anak ini dilakukan sejalan dengan arahan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), berdasarkan instruksi dari Kementerian Kesehatan RI.

"Ya, jadi ini pelaksanaannya ini berdasarkan arahan dari Kementerian dan Provinsi dalam rangka persiapan anak-anak menghadapi Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di tengah pamdemi Covid-19 ini,"kata dr Rita kepada RRI di Sendawar.

Dalam launching vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini tambah dr Rita, terdata ada 2.053 anak yang divaksin untuk dosis pertama di Kabupaten Kutai Barat.

"Dilokasi terpusat yang kita laksanakan di Alun-alun Itho hari ini ada 227 anak yang disuntik. Kemudian di lapangan, ada 11 Puskesmas yang melaksanakan serentak hari ini sebanyak 1.826 orang anak yang divaksin. Jadi total ada 2.053 anak yang mendapat vaksin hari ini,"tambahnya

Jumlah tersebut menurut dr Rita masih jauh dari total jumlah anak yang telah didata mendapat vaksin di Kutai Barat yakni sebanyak 20.020 orang.

Namun demikian, Dinas Kesehatan terus berupaya semaksimal mungkin, melalui 19 Puskesmas yang ada di Kutai Barat akan jemput bola melaksanakan vaksin ke Sekolah-sekolah.

"Yang sudah kita data itu, untuk laki-lakinya ada 10.903 orang anak dan perempuan sebanyak 9.117 orang. Nah, bagi anak-anak yang belum dapat giliran hari ini, kita akan jemput bola secara bertahap melakukan vaksin ke sekolah-sekolah melalui Puskesmas,"ungkapnya

Maka itu, ia menghimbau kepada tiap Sekolah, khususnya ditingkatan Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kutai Barat agar dapat mengatur atau melakukan pembagian waktu ketika mendapat giliran pelaksanaan vaksinasi bagi para muridnya, sehingga dapat berjalan dengan baik sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Demikian juga bagi para orang tua murid, wajib mendampingi anak-anaknya. Serta membawa persyaratan yang telah ditentukan seperti Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Identitas Anak (KIA).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar