Medical Check Up Tak Hanya Dibutuhkan Orang Lanjut Usia

KBRN, Samarinda : Merasa masih muda  dan tak pernah sakit, kemudian menyimpulkan bahwa kita sehat –sehat saja.  Justru karena masih muda kita harus mengetahui kondisi medis. Karena sehat –sehat  saja bukan berarti benar – benar sehat.

Ketika medical check-up akan banyak yang dilakukan pemeriksaan, mulai dari gula darah, tekanan darah, kolesterol, jantung, mata, kulit, telinga, gigi, tulang dan lainnya. Ini sangat penting dan perlu dilakukan secara berkala. Dilansir dari idntimes, berikut  alasan pentingnya melakukan medical check-up.

1. Mendeteksi penyakit sejak dini

Selain memeriksa tingkat kesehatan, medical check-up merupakan langkah antisipasi yang efektif dalam mendeteksi kemungkinan adanya penyakit serius dalam tubuh dan risiko-risikonya.

2. Mencegah penyakit berlanjut ke tahap yang lebih serius

Terdeteksinya gejala kemudian dapat mencegah penyakit tersebut berlanjut ke tahap yang lebih serius. Setelah medical check-up, kita bisa melakukan pemeriksaan lanjutan dan mengambil tindakan dengan dokter atau spesialis yang sesuai dengan penyakitnya.

3. Mengurangi biaya medis jangka panjang

Biaya yang dikeluarkan untuk medical check-up tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan biaya yang harus dibayarkan untuk menyembuhkan penyakit berat yang sudah tergolong parah. Itulah mengapa kita sangat perlu mengetahui kondisi kesehatannya sedini mungkin.

4. Memiliki data kesehatan

Data kesehatan akan sangat penting dan berguna bagi para dokter untuk menentukan langkah apa yang sebaiknya kita jalankan. Dokter dapat dengan mudah mencari dan mengetahui semua hal tidak wajar yang sedang kita alami.

5. Memotivasi diri sendiri dan orang lain untuk hidup sehat

Mengetahui kondisi kesehatan secara teratur, otomatis akan membuat kita lebih sadar untuk hidup sehat, kemudian menularkannya pada orang lain. Bukan menularkan penyakit , tetapi menularkan semangat untuk hidup sehat.

6. Membandingkan kondisi terbaru dengan sebelumnya

Rutin melakukan medical check-up membuat kita memiliki data kesehatan dari waktu ke waktu. Dengan demikian kita bisa membandingkannya dengan kondisi sebelumnya dan mengoreksi gaya hidup kita jika mengalami penurunan kondisi kesehatan.

7. Memberi sedikit rasa tenang

Mengetahui kondisi kesehatan sejak dini pasti akan memberikan ketenangan. Kita akan tahu apakah tubuh kita benar-benar sehat atau sedang ada penyakit serius yang sedang berkembang di dalam tubuh kita.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar