Manfaat Kandungan Buah Salak

KBRN.Samarinda Buah salak selalu ada di sepanjang musim dikenal sebagai buah tropis yang menarik karena bentuk dan tekstur kulitnya yang unik. Ternyata buah ini juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Berikut manfaat buah salak bagi tubuh

Dikutip dari panganku.org,Selain rasanya yang manis dan segar, salak juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kandungan nutrisi yang ada di buah ini membawa banyak khasiat untuk tubuh.

Berikut manfaat buah salak seperti dikutip dari Health Benefit Times:

1. Kesehatan mata

Manfaat salak rupanya cukup baik untuk kesehatan mata. Buah salak memiliki kandungan betakaroten yang mencukupi untuk menyehatkan mata. Nah, bagi yang terbiasa  mengonsumsi  Worteluntuk kesehatan mata, tak ada salahnya mengonsumsi buah salak saat bosan terus menerus memakan wortel.

2. Kesehatan pencernaan

Manfaat buah salak bagi kesehatan pencernaan sudah diakui sejak zaman dulu. Para orangtua sering menyarankan makan buah salak saat mengalami gangguan pencernaan. Salak merupakan salah satu buah padat nutrisi yang terdiri dari kalsium, tanin, saponin, flavonoid dan betakaroten. Karena kandungan nutrisi tersebut, salak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.Tanin bersifat anti diare, sehingga salak membantu menyembuhkan diare. Selain itu salak juga dapat mengobati gangguan pencernaan. Ada baiknya mengkonsumsi salak beserta kulit arinya, yang dapat mencegah sembelit.

3. Penguat daya ingat

Nilai gizi yang tinggi dalam buah salak disebut baik untuk otak. Kandungan kalium dan pektin yang tinggi dalam salak membantu meningkatkan fungsi kognitif otak dan meningkatkan daya ingat.

4. Mengontrol kadar gula darah

Kulit buah salak bila dijadikan teh membantu dalam regenerasi sel di pankreas yang membantu untuk mengontrol diabetes. Selain itu manfaat salak juga mengandung pterostilbene yang merupakan agen penurun glukosa darah yang membantu dalam mengendalikan diabetes. Mengingat manfaat buah salak itu, diajurkan untuk dikonsumsi rutin karena bermanfaat untuk menurunkan kadar glukosa darah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar