Menjaga Kesehatan Mata Dengan Yoga Mata

KBRN.Samarinda. Olah raga Yoga Mata bisa dimasukan ke dalam trend olahraga di 2021, yoga mata bisa kita lakukan tanpa penundaan dan tanpa banyak waktu. 

Olahraga ini hadir untuk semua orang yang kini diharuskan go digital atau go virtual di tengah pandemi dengan beraktivitas bersama gadget, bisa  di bilang mulai dari anak sekolah hingga orang dewasa. Jadi, mari  yuk berkenalan dengan olah raga yoga mata.  

Yoga mata merupakan latihan yang bisa dilakukan pada mata untuk menjaga kesehatan mata.

Sama seperti yoga pada umumnya, yoga mata ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan fleksibilitas dan fokus pada penglihatan mata, sehingga yoga menjadi salah satu opsi terbaik untuk masalah penglihatan selama gangguan sosial terjadi hampir di seluruh dunia. 

Sebuah survei yang dilakukan oleh College of Optometrists di Inggris menunjukkan bahwa satu dari lima orang dewasa mulai merasakan masalah penglihatan seperti mata lelah, sakit kepala, kehilangan fokus, mata kering dan nyeri leher serta bahu. 

Yoga mata ini bisa dilakukan secara mandiri tanpa harus ada pendamping.

Ada pun beberapa teknik yoga mata yang bisa dilakukan : 

Pertama, latihan 20 detik. caranya, lihatlah ke arah ruang terbuka agar bisa membocorkan jauh. Tatap satu objek yang jauh tanpa berkedip selama 20 detik.

Kedua, pola zig-zag. Bayangkan ada pola zig-zag di depan kita. Lalu goyangkan bola mata mengikuti pola tersebut hal ini dapat membantu kelembapan pada mata sehingga mengurangi mata kering.

Ketiga, berkedip cepat. Berkedip dengan cepat beberapa kali, kemudian tutup mata selama 20 detik. lakukan sebanyak 3 kali untuk melembapkan dan membersihkan mata dari kotoran penyebab iritasi.

Keempat, gerakan bola mata ke kanan, kiri, atas dan bawah. Setelah berkedip cepat, tutup kembali mata. Selama menutup mata, arahkan bola mata ke bawah, biarkan diposisi itu selama 5 detik lalu ke atas, ke kiri, dan ke kanan, yang masing-masing juga dilakukan selama 5 detik.

Hal ini bisa melenturkan otot-otot pada mata dan mengurangi kelelahan setelah penampilan layar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar