Cara Ampuh Basmi Kutu Rambut

Sumber Foto : dream.co.id

KBRN, Samarinda : Apa jadinya jika rambut yang diharapkan indah dan sehat, ternyata dikotori oleh kutu dan telurnya yang bersarang dikepala. Hal ini tentu sangat mengganggu, bahkan membuat tidak nyaman dan kurang percaya diri.

Kutu rambut adalah serangga parasit yang hidup di kulit kepala. Kutu rambut dapat berkembang biak dan menghasilkan telur-telur yang biasanya akan dibiarkan menempel pada batang rambut hingga menetas.

Namun jangan khawatir, ada berbagai cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya yang bisa Anda lakukan, baik dengan cara alami maupun dengan pengobatan medis. Dilansir dari Alodokter, berikut tips menghilangkan kutu rambut dan telurnya.

Cara utama untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya adalah dengan menggunakan sisir serit. Sisir serit merupakan sisir bergigi halus dan rapat yang memang dibuat khusus untuk membersihkan kutu rambut. Kendati demikian, Anda juga bisa menggunakan bermacam-macam bahan untuk membantu memerangkap kutu pada sisir serit, seperti:

1. Kondisioner

Mengoleskan kondisioner pada rambut lalu menyisirnya dengan sisir serit merupakan salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya.

2. Minyak zaitun atau minyak almond

Menyisir rambut dengan sisir serit yang dioleskan minyak zaitun atau minyak almond juga bisa Anda jadikan cara untuk menghilangkan kutu rambut dan telurnya.

3. Minyak esensial

Sejumlah minyak esensial telah terbukti efektif untuk membantu mengatasi kutu rambut dan telurnya. Contohnya adalah tea tree oil, minyak lavender, minyak nimba, minyak cengkeh, minyak kayu putih, minyak mentol, minyak kayu manis, dan minyak pala.

4. Obat kutu

Menghilangkan kutu dan telurnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat kutu yang bisa dibeli secara bebas tanpa resep dokter, baik di apotek atau supermarket. Obat kutu ini umumnya tersedia dalam bentuk losion atau semprotan.

Perlu diingat bahwa kutu rambut sangat mudah menular. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa kutu rambut dan telurnya sudah terbasmi tuntas dan mencegahnya agar tidak kembali lagi, orang yang tinggal sekamar atau serumah dengan Anda juga perlu melakukan langkah-langkah di atas untuk menghilangkan kutu rambut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar