Cara Konsumsi Nasi Putih Tanpa Takut Gemuk

Nasi putih

KBRN, Samarinda: Nasi putih, adalah konsumsi pangan pokok masyarakat Indonesia. 

Nasi putih tinggi kandungan karbohidrat sederhana tetapi nyaris tak ada seratnya.

Melansir Healthline, karbohidrat sederhana berkaitan dengan risiko obesitas dan penyakit kronis.

Oleh karena itu, ada beberapa trik konsumsi nasi putih agar tidak gemuk meski sedang diet.

1. Ukur porsi

Porsi makanan adalah salah satu kunci diet. Nasi putih tidak akan menaikkan berat badan Anda jika porsinya tidak berlebihan. Jika biasanya makan satu piring penuh nasi putih, kurangi porsi jadi setengah atau kurang dari setengah porsi.

2. Banyak konsumsi sayur

Karena merupakan karbohidrat sederhana, konsumsi nasi putih akan cepat membuat Anda lapar. Untuk menghindari hal ini, padukan dengan sayuran yang berlimpah.

Sayuran tidak harus dalam kondisi mentah seperti pada olahan salad. Sayuran misal brokoli, kale, wortel juga sayuran lain yang dipanggang bersama minyak zaitun.

3. Perhatikan cara pengolahan

Kadang kesalahan diet tidak pada pilihan bahan makanannya tetapi cara pengolahannya. Nasi putih tidak akan menyumbang kalori begitu besar jika tidak diolah menjadi nasi goreng, nasi uduk atau nasi kuning dengan santan.

Penurunan berat badan tidak hanya soal pola makan tetapi juga aktivitas fisik. Berikan diri Anda waktu untuk berolahraga dan tidak perlu sampai berpuasa untuk jenis makanan kesukaan. Anda tetap bisa mengonsumsi kopi susu, kue, cheese cake atau dessert lain tapi dalam porsi moderat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar