Mengenal Hipnoterapi dan Cara Kerjanya Atasi Kecemasan

KBRN, Samarinda: Hipnoterapi adalah terapi pikiran yang dilakukan dalam kondisi hipnosis. Sedangkan hipnosis adalah kondisi relaksasi pikiran yang biasanya disertai relaksasi tubuh. Dalam kondisi hipnosis, pikiran Anda menjadi lebih terbuka terhadap perubahan.

Sebagaimana dikutip dari laman kompas.com, ketidakpastian dalam hidup seringkali membuat banyak orang dihantui olah rasa khawatir berlebihan. Tidak jarang, akibat kondisi tersebut banyak orang menderita gangguan kecemasan atau anxiety.

Akan tetapi ada kabar baiknya, karena kini tersedia sejumlah metode pengobatan yang telah teruji ampuh untuk atasi kecemasan, salah satunya adalah hipoterapi.

Mengenal hipnoterapi

Selama menjalani sesi hipnoterapi, pasien akan dibantu untuk mencapai rileksasi dan memfokuskan pikiran. Keadaan ini mirip dengan tidur tetapi pikiran akan tetap fokus dan lebih mampu merespon sugesti.

Saat berada dalam kondisi rilek, pasien akan lebih fokus pada pikiran bawah sadar yang memungkinkan mereka untuk memahami masalah yang dihadapi secara mendalam.

Sesi hipnoterapi dapat digunakan untuk:

• Mengeksplorasi ingatan yang tertekan, seperti pelecehan.

• Menanamkan keinginan akan kebiasaan sehat yang dapat menyebabkan penurunan berat badan.

• Membantu pasien untuk rileks dan memprogram ulang otak yang cemas.

Sesi hipnoterapi ini biasanya dipandu oleh seorang praktisi atau terapis.

Manfaat hipnoterapi untuk kecemasan.

Para ahli telah membuktikan hipnoterapi ampuh untuk mengatasi berbagai gangguan mental seperti kecemasan, gangguan stres pascatrauma, dan depresi. Riset 2016 juga membuktikan hipnoterapi membantu kita untuk menambah fokus pikiran, mengontrol fisik dan emosional, dan mengurangi delirium atau kondisi penurunan kesadaran diri.

Cara kerja hipnoterapi

Selama sesi hipnoterapi, terapis akan memberikan sugesti agar berada dalam kondisi hipnosis. Kondisi ini akan membuat pasien berada seperti di alam mimpi namun pikiran menjadi lebih terbuka terhadap sugesti.

Sesi hipnoterapi juga membuat pasien merasa rileks sehingga lebih mudah untuk menghindari peningkatan gejala kecemasan seperti sesak napas, peningkatan detak jantung, otot menegang, gugup dan emosi meledak-ledak. Namun, hipnoterapi ini harus digunakan sebagai pelengkap dari terapi perilaku kognitif. Jika metode hipnosis hanya digunakan tanpa ada terapi perilaku kognitif, efeknya akan mirip dengan meditasi.

Untuk melakukan sesi hipnoterapi, sebaiknya kita melakukannya dengan bantuan ahli kesehatan mental atau terapis berlisensi. Carilah profesional perawatan kesehatan mental berlisensi seperti psikolog, psikoterapis, praktisi perawat psikiatris, konselor, atau dokter medis yang juga seorang hipnoterapis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00