Cara Mengatasi Kulit Kering Akibat Hand Sanitizer

KBRN, Samarinda : Berapa kali dalam sehari Anda menggunakan hand sanitizer? Ya, sejak merebaknya pandemi covid-19 hand sanitizer menjadi benda wajib yang harus dibawa kemana mana. Seringnya penggunaan hand sanitizer, bisa mengakibatkan kulit khususnya tangan menjadi kering.

Dikutip dari Tagar.id, Dokter spesialis okupasi dari departemen ilmu kedokteran komunitas FKUI, Dr Dewi Sumaryani Soemarko menyebut, jika sudah lima kali cuci tangan pakai hand sanitizer, tangan akan terasa seperti kering.

Karena adanya alcohol, jadi zat-zat seperti itu ada efek ke kulit yaitu kulit jadi kering. Kalau kulit lebih kering berarti kulit akan mudah luka.

Berikut cara mengatasi kulit yang kering akibat penggunaan hand sanitizer :

1. Gunakan pembersih tangan dengan kandungan moisturizer tinggi.

Salah satu solusi untuk mengatasi kulit kering pada tangan yakni memilih hand sanitizer dan kandungan pelembab / moisturizer yang tinggi. Kandungan moisturizer yang tinggi dapat mencegah tangan menjadi kering dan teriritasi. Kandungan triple moisturizer dapat menutrisi kulit tangan agar tetap lembap dan terawat.

2. Gunakan soothing gel untuk menjaga kelembapan tangan.

Kandungan vitamin dalam soothing gel bisa membuat kulit kering sedikit nyaman dengan rasa dingin yang menyejukan.

3. Memakai pelembab atau lotion khusus tangan.

Pelembab tangan yang memiliki kandungan ceramides, petrolatum, dan dimethicone sangat disarankan agar kulit tak cepat kering. Sebab, kandungan-kandungan tersebut memiliki sifat oklusif, artinya dapat mengunci kelembaban dengan lebih baik.

Kandungan ceramides, petrolatum, dan dimethicone juga dapat membantu barrier atau lapisan kulit untuk menyimpan air dan mengurangi iritasi.

4. Cuci tangan dengan air dan sabun

Tak bisa dipungkiri mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik itu jauh lebih baik daripada menggunakan hand sanitizer. Sebab, dengan mencuci tangan menggunakan sabun seluruh celah di tangan bisa dibasuh.

5. Rendam tangan dalam rendaman oat

Berendam dalam air yang ditambahkan oat mentah atau sudah dimasak mampu meremajakan kulit dan mengurangi kering pada kulit tangan. Anda bisa merendam tangan atau pun badan ke dalam air yang dicampur oat dan minyak zaitun selama kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

6. Banyak minum air putih

Banyak minum air putih selagi ada kesempatan. Minumlah bahkan saat tidak merasa haus. Adanya cairan dalam tubuh akan membantu metabolisme kulit dalam pergantian sel sehingga dapat membuat terlihat fresh dan elastis

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00