Manfaat TTS Cegah Lansia Cepat Pikun

Foto : timesindonesia.co.id

KBRN, Samarinda : Menjaga kesehatan mental, termasuk kesehatan otak, tidak kalah penting selain menjaga kesehatan fisik bagi lanjut usia (lansia). Tujuannya, agar hidup fungsi kognitif tetap terjaga dan optimal, serta meningkatkan kualitas hidup lansia.

Nah, tahukah Anda, bermain teka-teki silang atau TTS yang dianggap untuk mengisi waktu luang saja ternyata memiliki manfaat yang penting untuk kesehatan otak, termasuk pada lansia.

Berikut manfaat untuk otak lainnya yang bisa lansia dapatkan jika bermain permainan ini dilansir hellosehat.com

1. Melatih kerja otak

Semakin bertambah usia, semakin terbatas pula kegiatan untuk lansia lakukan. Namun, hal ini seharusnya tak menghalangi lansia untuk mencari kegiatan untuk melatih kerja otaknya. Salah satu aktivitas untuk otak lansia yang meningkatkan kesehatan otak yaitu melatihnya dengan bermain TTS.

Permainan ini melibatkan kedua sisi otak, baik yang kiri maupun kanan, sehingga membantu lansia melatih kerja otak secara menyeluruh. Otak kanan akan memproses kreativitas, sementara otak kiri memproses logika. Dengan demikian, bermain teka-teki silang membantu lansia meningkatkan kemampuan kognitif secara menyeluruh.

2. Mempertahankan keterampilan kognitif

Bermain teka-teki silang, setidaknya selama 90 menit dalam seminggu dapat membantu meningkatkan kemampuan seseorang, termasuk pada lansia, dalam berpikir sekaligus meningkatkan kadar kecerdasannya. Pasalnya, saat memainkannya, lansia akan menggunakan otaknya untuk memproses banyak hal termasuk kemampuan mempelajari kosakata yang baru.

3. Meningkatkan kemampuan berpikir secara menyeluruh

Lansia yang bermain TTS menunjukkan kemampuan berpikir yang lebih baik jika dibandingkan mereka yang tidak memainkannya. Bahkan, lansia yang melakukan permainan ini juga menunjukkan kemampuan berkonsentrasi yang lebih tinggi.

Bermain permainan untuk mengasah kemampuan otak seperti TTS, baik angka maupun huruf, secara rutin mampu meningkatkan kemampuan otak dalam berpikir secara menyeluruh.

4. Mencegah lansia cepat pikun

Permainan yang merangsang otak seperti TTS ternyata juga ampuh untuk mencegah pikun. Oleh karena itu, permainan seperti catur dan teka-teki silang menjadi pilihan tepat bagi lansia yang ingin menjaga kesehatan otaknya.

Bahkan, sebuah penelitian dalam Journal of the International Neuropsychological Society membuktikan bahwa permainan ini dapat membantu memperlambat proses terkikisnya ingatan pada lansia yang mengalami demensia.

Tak hanya itu, lansia yang sering melakukan kegiatan yang merangsang kesehatan mental dan mengasah otak dapat mengurangi risiko mengalami gangguan kognitif dan penyakit Alzheimer. Jadi, agar otak selalu terasah, lansia sebaiknya melakukan berbagai kegiatan yang baik untuk otak, salah satunya adalah bermain TTS.

5. Meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah

Bermain TTS membutuhkan pemikiran yang kritis dan solusi yang kreatif. Jika lansia memainkan teka-teki silang secara rutin, kemampuannya dalam menyelesaikan masalah akan meningkat. Pasalnya, seiring berjalannya waktu, lansia akan melihat permainan ini sebagai suatu masalah yang harus ia selesaikan.

Setiap teka-teki silang tentu memiliki pendekatan yang berbeda sampai akhirnya berhasil terselesaikan. Maka itu, lansia harus memikirkan cara yang berbeda-beda pula setiap hendak menyelesaikannya. Proses berpikir ini membantu lansia untuk memiliki kemampuan perhitungan yang kuat.

Tak heran jika proses mengevaluasi masing-masing teka-teki silang untuk mendapatkan hasil terbaik membuat lansia menjadi semakin ahli dalam menyelesaikan berbagai masalah yang sesungguhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00