Khasiat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

KBRN, Samarinda: Lonjakan permintaan akan kelapa hijau segar terjadi di berbagai wilayah selama pandemi berlangsung. Tentunya hal ini karena manfaat luar biasa yang dimiliki kelapa hijau yang sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.Mengutip dari republika.co.id, yang meyebutkan hal ini karena air kelapa muda diketahui memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang baik dan dibutuhkan tubuh. Salah satunya adalah antioksidan potensial yang bernama cytokinin. Diketahui bahwa antioksidan tersebut bekerja untuk melindungi terjadinya kerusakan jaringan sel karena paparan radikal bebas. Selain itu, pH pada air kelapa muda juga cukup tinggi, hampir setara dengan air zamzam. Sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh, terutama setelah berpuasa. 

Bukan cuma itu saja, manfaat air kelapa hijau untuk kesehatan tubuh ternyata masih ada banyak sekali. Seperti apa saja manfaatnya, berikut ulasan selengkapnya. 1. Menjaga tubuh dari dehidrasi

Ternyata, air kelapa muda memiliki kandungan mineral yang sangat baik untuk membantu menjaga tubuh dari masalah dehidrasi. Kandungan mineral pada air kelapa hijau disebut-sebut jauh lebih tinggi daripada air kelapa tua. 

Dalam sebuah jurnal internasional yang terbit di tahun 2018 yang lalu mengungkapkan jika satu dari manfaat luar biasa air kelapa muda yaitu mencegah dehidrasi. Hal ini karena kandungan mineral di dalam buahnya ini mampu mengimbangi jumlah elektrolit di dalam tubuh. Sehingga, hanya dengan meminum satu gelas air kelapa muda bisa membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Tubuh yang mendapatkan asupan cairan dengan cukup maka akan membantu meningkatkan metabolisme yang berimbas pada meningkatnya daya tahan tubuh.

2. Mengurangi rasa tidak nyaman di perut

Sensasi kembung akibat tumpukan gas berlebih di dalam perut, dapat membuat perut terasa tidak nyaman dan begah. Jika mengalami kondisi ini, sebaiknya jangan segera minum obat apapun. Ada baiknya, untuk segera minta pertolongan pertama dengan minum air kelapa muda. Ini karena air kelapa muda bersifat diuretik, sehingga gas maupun cairan urine bisa dikeluarkan dengan lebih mudah. 

3. Baik untuk dikonsumsi saat diet

Rasa daging buahnya yang lembut dan gurih, membuatnya kerap dimasukkan ke dalam menu makanan diet sehat. Hal ini pun juga diakui oleh USDA (United State Departement of Agriculture) yang menyebutkan jika daging dan air kelapa muda bebas dari kandungan lemak. Justru daging buahnya itu kaya akan serat yang baik, yang mampu membantu penurunan berat badan. Jadi jangan heran jika banyak yang mudah merasa kenyang ketika mengkonsumsi air kelapa muda dan daging buahnya. Sehingga, keinginan untuk ngemil pun bisa ditunda sementara.

4. Membuat siklus menstruasi jadi lebih

Sebagian besar perempuan pasti mengalami gangguan ketika memasuki siklus menstruasinya. Hal ini tentu saja membuat para wanita begitu khawatir dan cemas berlebihan. Tapi tenang dulu, ternyata air kelapa muda bisa membantu mengatasi masalah siklus bulanan yang kerap dihadapi wanita tersebut. Salah satunya, dengan mengkonsumsi air kelapa muda secara rutin. Hal ini karena, air kelapa muda umumnya mengandung senyawa yang bersifat antibakteri dan antijamur. Karena itulah, siklus menstruasi bulanan pada wanita akan lebih teratur dan mengurangi gejala atau keluhan yang sering dirasakan sebelumnya.

5. Menjaga kesehatan jantung

Di tahun 2012 yang lalu, Jurnal PubMed mempublikasikan pernyataan yang menyebutkan jika air kelapa muda bisa jadi alternatif pilihan untuk mencegah resiko serangan penyakit jantung. Riset tersebut mengungkapkan jika kandungan dalam air kelapa muda mampu membuat sirkulasi peredaran darah menjadi lebih lancar. 

Hal ini, karena air kelapa hijau memiliki kadar phenol yang cukup tinggi, di mana kandungan tersebut berperan pula menjaga tubuh dari paparan radikal bebas. Sehingga, masalah dalam sistem kardiovaskular bisa ditekan resikonya. Seperti masalah penumpukan kolesterol jahat, hingga resiko penyakit stroke pun bisa dihindari. 

6. Sebagai detoksifikasi alami

Selain kaya akan antioksidan, air kelapa muda juga memiliki banyak mineral yang memiliki sifat anti racun. Kombinasi dari kandungan baik di dalamnya mampu membantu tubuh untuk membuang racun di dalam tubuh dengan begitu mudah. 

Mineral di dalam air kelapa hijau, ditengarai mampu menetralisir adanya racun sekaligus membuang semua racun yang masuk ke tubuh dan menggantikannya dengan cairan yang baru. Karenanya, banyak yang menggunakan air kelapa hijau sebagai detoksifikasi alami dan membuat tubuh lebih segar.

7. Mencegah risiko penyakit batu ginjal

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konsumsi air kelapa muda secara rutin dapat mencegah terjadinya penumpukan kristal di organ ginjal serta bagian lainnya di saluran kemih. Inilah yang membuat air kelapa muda diyakini keefektifannya untuk mencegah risiko penyakit batu ginjal.

Meski punya khasiat luar biasa, tetap konsumsi secukupnya dan jangan berlebihan. Ketika sesuatu yang baik digunakan secara berlebihan, maka akan mengakibatkan efek negatif. Begitu pula dengan air kelapa muda yang diyakini punya khasiat luar biasa bagi kesehatan.  Untuk itulah, batasi konsumsinya secara cukup agar khasiat baiknya bisa dirasakan tubuh dengan maksimal. Jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air dengan cukup, minimal 8 gelas setiap hari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00