Manfaat Bersyukur Bagi Kesehatan

KBRN, Samarinda : Dalam kehidupan, ada banyak hal yang bisa kita syukuri, antara lain adalah rumah sebagai tempat tinggal, teman yang dimiliki, makanan yang dimakan, kesehatan, pekerjaan, bisa menonton acara kesukaan, mendengarkan musik dan berbagi cerita dengan orang lain.

Terdapat manfaat yang sangat luar biasa apabila kita memang telah biasa menjadi manusia yang selalu bersyukur atas pemberian dan nikmat yang diberikan oleh Tuhan. Tidak hanya untuk kondisi kesehatan mental saja, bersyukur juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh

1. Meningkatkan Interaksi Sosial

Sebuah studi yang dipublikasikan Emotion mengatakan bahwa ucapan terima kasih dengan sikap yang baik serta menunjukkan apresiasi dapat membantu Anda mendapatkan teman baru. Dengan bersyukur, interaksi antara satu orang dengan orang lain juga dapat meningkat.

2. Meningkatkan Kesehatan Fisik

Studi tahun 2012 yang dipublikasikan dalam Personality and Individual differences menunjukkan bahwa seseorang dengan rasa bersyukur mengalami sakit lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak.

3. Meningkatkan Kesehatan Psikologis

Manfaat bersyukur yang selanjutnya adalah dapat bantu meningkatkan kesehatan psikologis. Rasa bersyukur menghilangkan beberapa emosi buruk dari iri dan marah hingga frustasi dan penyesalan. Rasa beryukur juga dapat meningkatkan kebahagian dan menurunkan depresi secara efektif.

4. Meningkatkan Empati dan Penurunan Agresi

Studi dari Universitas Kentucky pada tahun 2012 mengatakan bahwa orang dengan rasa bersyukur biasanya akan memiliki perilaku sosial yang baik. Bahkan, ketika mendapatkan timbal balik perilaku tidak baik dari orang lain.

5. Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat selalu bersyukur yang selanjutnya adalah dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Mulailah untuk menuliskan rasa beryukur dalam jurnal, maka akan dapat meningkatkan kualitas tidur.

6. Tingkatkan Percaya Diri

Studi yang ada dalam Journal of Applied Sport Psychology tahun 2014 menemukan bahwa rasa bersyukur meningkatkan kepercayaan diri para atlit yang merupakan komponen penting untuk performa yang baik.

7. Mingkatkan Kekuatan Mental

Studi yang pernah dilakukan pada tahun 2006 dalam Behavior Research and Therapy menemukan bahwa veteran perang Vietnam dengan tingkat rasa beryukur yang tinggi memiliki kemungkinan mengalami gangguan stres paska trauma lebih kecil.

Mari terus bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00