Pola Makan Sehat Jelang Lansia

KBRN, Samarinda: Pola Makanan yang Harus Dibatasi Saat Jelang lansia Menua itu pasti dan  akan tiba pada  waktunya. Menua bukan sesuatu yang bisa dihindari,  akan tetapi siapun punya pilihan hidup untuk menua Sehat dan Bahagia pastinya. Salah satu caranya tentu dengan menjaga diet atau asupan makan, ada makanan yang harus dibatasi saat jelang lansia tahun.

Selain menjaga diet dengan nutrisi seimbang, ada beberapa jenis nutrisi  dan elemen pangan yang sebaiknya mulai dibatasi untuk dikonsumsi. Apabila di Konsumsi berlebihan bakal memupuk masalah kesehatan dan bisa bermanifestasi pada sejumlah penyakit kronis yang membahayakan kesehatan. Beberapa makanan yang harus di batasi saat jelang lansia diantaranya:

1.Asam folat

Asam folat merupakan jenis vitamin B yang banyak ditemukan pada makanan jenis kacang-kacangan, sayuran hijau dan sereal fortifikasi.terlalu banyak mengonsumsi Asam folat akan bisa menimbulkan kerusakan saraf.

2.Zat besi

Penting untuk memenuhi kebutuhan zat besi  untuk mencegah anemia, kemudian memastikan pasokan oksigen ke seluruh sel tubuh. Namun seiring pertambahan usia, kebutuhan zat besi tidak sebanyak saat masih muda bahkan kadang tak pasti jumlahnya. Makanan yang harus dibatasi saat jelang lansia adalah makanan yang terlalu banyak mengandung zat besi. Sebab disaat tubuh memperoleh zat besi melebihi kebutuhan, malah jadi pemicu masalah kesehatan. Kelebihan zat besi akan menumpuk di jaringan terutama pada hati, pankreas, jantung, persendian dan otak. Ini akan berkontribusi pada kanker tertentu dan diabetes.

Dilansir dari Mayo Clinic, zat besi banyak ditemukan pada daging merah, boga bahari, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah kering, dan makanan olahan fortifikasi. Sebaiknya kontrol konsumsi jenis pangan ini agar asupan zat besi terkendali.

3.Lemak jenuh

Seiring dengan bertambah nya usia, perlu makin cermat dan cerdas dalam mengonsumsi makanan yang memgandung lemak . Dengan Mulai membatasi  mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh  ini akan berkontribusi pada sejumlah penyakit kronis termasuk diabetes, obesitas juga penyakit kronik yang lain.

Mulai lah beralih perbanyak asupan lemak sehat yang berasal dari tumbuhan sumber-sumber lemak sehat antara lain, minyak zaitun, alpukat, ikan berlemak, kacang-kacangan 

4. Lemak trans

Lemak yang satu ini merupakan lemak buatan guna bisa meningkatkan rasa, tekstur dan masa simpan makanan. Konsumsi minyak trans bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) sehingga risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes tipe 2 meningkat.

Sebaiknya batasi konsumsi makanan yang digoreng, makanan cepat saji, pangan hewani, margarin, kerupuk, kue kering, dan makanan beku.

5.Garam

Di samping lemak, perhatikan konsumsi garam. Garam terbilang penting sebab memberikan citarasa sehingga makanan jadi lebih nikmat. Namun kenikmatan ini bisa berakhir jadi bencana saat konsumsinya berlebihan. Garam juga termasuk makanan yang harus dibatasi saat datangnya Usia Jelang Lansia

Konsumsi garam berlebihan akan memicu penyakit tekanan darah tinggi  yang kemudian memicu masalah kardiovaskular lain termasuk penyakit jantung. Cek label makanan sebelum membeli. Jika kandungan garam 20 persen dari kebutuhan harian , ini berarti kandungan garamnya terlalu tinggi.

6. Gula

Gula tak selalu memberikan akhir yang 'manis'. Diet tinggi gula akan memicu berbagai masalah mulai dari diabetes, menaikkan kadar trigliserida hingga memicu penyakit jantung.

Cobalah kurangi konsumsi gula dengan mempertahankan rasa alami bahan pangan semisal dari buah-buahan juga sayuran. 

7. Nitrat

Daging olahan biasanya memiliki kandungan nitrat. Ham, bacon, sosis menggunakan nitrat untuk mengawetkan dan memperbaiki penampilan makanan.

Konsumsi secara terbatas masih terbilang aman. Namun jika berlebihan, hati-hati dengan penyakit jantung, penyempitan dan pengerasan arteri. Makanan yang mengandung nitrat menjadi makanan yang harus dibatasi saat  datangnya Usia Jelang  Senja yang pada akhirya bisa menikmakti  Di Usia Senja Penuh Bahagia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00