Makanan Yang Efektif Untuk Tingkatkan Imun Tubuh

KBRN, Samarinda: Ketika kasus positif COVID-19 kembali meningkat di Indonesia membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sebagai salah satu alternatif untuk memutus rantai persebaran virus corona di Indonesia.

Selain menerbitkan kebijakan tersebut, pemerintah juga menyarankan agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan saat menjalankan aktivitas sehari-hari. Upaya pencegahan lainnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi berbagai sumber makanan yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh.

Makanan yang Bisa Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Seperti yang sudah diketahui, sistem imun tubuh bisa mencegah berbagai patogen yang akan menginfeksi tubuh, termasuk virus corona. Adapun salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Beberapa makanan yang bisa meningkatkan imun tubuh itu adalah:

Jeruk

Makanan pertama yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah jeruk. Jeruk kaya dengan kandungan vitamin C yang bisa membantu dalam membangun sistem imun tubuh.

Vitamin C juga bisa membantu meningkatkan produksi sel darah putih. Seperti yang diketahui sel tersebut adalah kunci dalam melawan infeksi. Hampir semua buah jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Sehingga Anda bisa memilih berbagai jenis buah jeruk untuk ditambahkan ke dalam menu makanan Anda.

Paprika

Selain jeruk, paprika juga mempunyai kandungan vitamin C yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jeruk. Selain itu, paprika juga mengandung senyawa beta karoten yang banyak. Sehingga baik juga untuk menjaga kesehatan kulit dan juga mata.

Brokoli

Brokoli kaya akan mineral dan vitamin. Brokoli mempunyai kandungan vitamin A, C dan E serta kaya akan serat dan antioksidan. Sebab itulah, brokoli termasuk ke dalam sayuran yang menyehatkan. Namun untuk menjaga kandungan nutrisinya, jangan memasaknya terlalu lama, cukup mengukusnya saja sebelum disajikan.

Bawang Putih

Bawang putih hampir ada di setiap masakan di dunia. Sejak dulu, masyarakat percaya bahwa bawang putih bisa memerangi infeksi. Kandungan allicin pada bawang putih inilah yang bisa meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, bawang putih juga membantu dalam memperlambat pengerasan pembuluh darah. Sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

Jahe

Jahe umumnya digunakan untuk mengatasi gejala peradangan dan mual-mual. Selain itu, sifat jahe yang bisa menghangatkan ini berupa gingerol, semacam capsaicin. Serta bisa digunakan untuk mengurangi nyeri kronis dan juga bisa menurunkan kolesterol jahat.

Bayam

Bayam mempunyai kandungan antioksidan dan beta karoten yang tinggi. Kedua senyawa ini bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sumber penyakit. Sama dengan brokoli, saat mengolah bayam juga jangan terlalu lama untuk menjaga nutrisi tidak hilang. Selain itu, mengolahnya dengan cara sederhana membuatnya akan lebih mudah menyerap vitamin A.

Teh Hijau

Teh hijau mempunyai kadar epigallocatechin gallate (EGCG), sejenis antioksidan kuat yang cukup banyak. Dalam sebuah penelitian menjelaskan, bahwa EGCG terbukti bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Selain itu, teh hijau juga kaya akan asam amino L-theanine yang berguna dalam memproduksi senyawa guna melawan kuman.

Pepaya

Pepaya merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Selain itu, juga terdapat papain yang mempunyai efek anti-inflamasi. Serta kandungan potasium, magnesium dan folat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Itulah delapan makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Selain mengonsumsi makanan-makanan di atas, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00