Keseleo, Nih Cara Yang Bisa Dilakukan Di Rumah Untuk Mengobatinya!

KBRN, Samarinda: Keseleo atau cedera adalah kondisi yang sangat umum terjadi. Keseleo dapat menimpa setiap orang dari golongan usia berapa pun. Penyebab utama dari keseleo umumnya adalah terjatuh, terpeleset, kecelakaan, atau mengalami trauma pada sendi.

Keseleo atau terkilir adalah cedera yang terjadi pada jaringan yang menghubungkan tulang dengan sendi. Keseleo paling sering terjadi pada bagian pergelangan kaki. Namun, keseleo bisa juga terjadi di lutut, tangan, atau jari. Kondisi ini bisa menyebabkan nyeri otot, bengkak, memar, dan menurunkan kemampuan bergerak.

Gejala atau tanda dari keseleo bisa beraneka ragam. Biasanya hal ini tergantung pada tingkat keparahan dari cedera yang dialami. Gejala umum dari keseleo atau terkilir seperti rasa sakit, bengkak, dan susah bergerak di area cidera.

Berdasarkan Mayo Clinic, untuk merawat cedera otot di rumah, Anda dapat mencoba empat langkah mudah.

  1. Rest (istirahat)

Hindari aktivitas yang melibatkan pergerakan terlalu banyak. Istirahatkan bagian tubuh yang mengalami keseleo, baik itu tangan, kaki, atau jari, setidaknya selama 48 jam.

  1. Ice (es)

Gunakan ice pack atau mengompres area yang terkilir menggunakan es selama 15 hingga 20 menit. Ulangi langkah ini setiap 2 atau 3 jam sekali saat Anda sedang terbangun. Namun, apabila Anda memiliki penyakit diabetes, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan cara ini.

  1. Compression (kompres)

Untuk membantu meredakan pembengkakan, bebat area yang mengalami cedera otot dengan perban. Pastikan Anda tidak mengikatnya terlalu kencang.

  1. Elevation (Pen gangkatan)

Pembengkakan juga dapat diatasi dengan cara memosisikan bagian tubuh yang cedera lebih tinggi dari letak jantung Anda. Lakukan ini saat Anda duduk atau berbaring, terutama ketika Anda tidur di malam hari. Gravitasi dapat membantu menyembuhkan bengkak dengan mengalirkan cairan berlebih di area tersebut.

Selain metode tersebut, kamu juga dapat mengonsumsi obat untuk mengendalikan rasa sakit dan mengurangi pembengkakan atau peradangan yang menyakitkan tersebut. Obat antiinflamasi nonsteroid yang dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan yang timbul. Selain itu harus hati-hati juga dalam mengonsumsinya. Kalau tidak mau mengonsumsi obat bisa dengan mengoleskan krim atau gel untuk pereda nyeri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00