Kepesertaan BPJS Menyeluruh Warga Mahulu Ditargetkan Tercapai Akhir 2021

KBRN, Mahulu : Keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Mahakam Ulu dalam upaya memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakatnya bukan sekedar wacana. Digelarnya forum komunikasi bersama BPJS merupakan wadah mencari solusi bersama dalam meningkatkan cakupan kepesertaan JKN KIS di Mahulu, menuju Universal Health Coverage (UHC) 2021.

Universal Health Coverage merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

“Dalam perkembangannya dari tahun 2015 sampai 2019 kita sudah tercoverice di dalam  program ini. Kemudian setelah itu ada permasalahan jumlah peserta. Hal seperti ini yang harus kita cari solusi pemecahannya,” kata Wakil Bupati Mahulu Yohanes Avun, Selasa (11/5/2021).

Pentingnya kebenaran data peserta program JKN KIS, menurut Wabup sangat diperlukan. Ini untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat Mahulu masuk dalam cakupan kepesertaan JKN KIS dan mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan.

“Jadi jangan sampai di pendataan ini kita melakukan hal yang standar-standar saja, kita berikan contoh saja 4 orang kematian dan kelahiran. Artinya Disdukcapil harus membuat semacam petunjuk mungkin ke kampung/RT, ketika terjadi kelahiran segera dilaporkan. Mungkin dengan memanfaatkan media online seperti itu, dibuatkan format bagaimana sistem pelaporan yang baik yang lahir maupun meninggal,” ujarnya.

Diharapkan seluruh pemangku kepetingan dapat saling bersinergi dalam merumuskan rencana-rencana strategis terkait pelaksanaan program JNK KIS di Mahulu.

Saat ini UHC sudah direvisi oleh Kementrian menjadi 98 persen, di antara kabupaten/kota wilayah kerja yang sudah itu adalah Kukar, Bontang, Kubar dan kemudian yang hampir melalui itu Kutim. diyakini di Mahulu dengan jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak bisa terkejar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00