RRI Memberikan Edukasi tentang Budaya Bangsa

KBRN, Sendawar: Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (RRI) Studio Produksi Sendawar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menggelar Pagelaran Budaya secara virtual, dalam rangka menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-92, di halaman Kantor RRI Sendawar, Sabtu (17/10/2020) malam.

Dalam Pagelaran Budaya itu, menghadirkan penampilan Tarian Tradisional, Lagu Daerah (Rijoq), dan Puisi tentang kepemudaan oleh para generasi muda di Wilayah tersebut.

Kepala Stasiun RRI Samarinda, Ramha Juwita yang hadir langsung menyaksikan Pagelaran Budaya itu mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya RRI untuk mengedukasi, sekaligus menyampaikan informasi kepada masyarakat, khususnya terkait kebudayaan daerah agar terus dilestarikan oleh generasi muda kedepannya.

Tarian Tradisional berpasangan Dayak Bahau di Kabupaten Kutai Barat

“RRI punya peran untuk memberikan eduksi, walaupun pagelaran ini sifatnya virtual. Artinya kita tidak menghadirkan orang, tapi secara virtual, para pencinta budaya, publik juga tahu, bagaimana budaya-budaya kita, khususnya yang ada di Kubar ini, terus kita lestarikan. Apalagi anak-anak muda yang harus tahu bahwa, kita harus jadi tuan rumah di Negeri sendiri, dalam arti pelestarian budaya,”katanya

Ia menegaskan, kehadiran Kutai Barat, merupakan represntasi dari dewan direksi untuk memastikan dan melihat langsung kegiatan RRI Sendawar dalam menyebarkan informasi, memberikan hiburan yang sehat, termasuk dalam melestarikan budaya kepada masyarakat, dan sudah dibuktikan melalui pagelaran budaya tersebut.

“Di Kaltim ini, khususnya RRI Samarinda mempunyai dua stasiun produksi, yaitu Sendawar dan Long Bangun. Saya, tentunya adalah representasi dari Direksi, bagaimana SP Sendawar ini menjadi bagian untuk menyebarkan informasi, memberikan hiburan yang sehat, Pendidikan dan juga melestarikan budaya,”ungkapnya.

Lagu Daerah Kutai Barat (Rijoq), Penampilan Aslan dalam Pagelaran Budaya RRI Sendawar

“Maka hari ini, saya hadir khusus, melihat teman-teman RRI Sendawar, berupaya dan terus menghadirkan program-program yang mengedukasi, memberikan hiburan yang sehat, dan malam ini ada sebuah pagelaran yang spesial. Artinya ditengah pandemi COVID-19, kita terus menghadirkan program yang mengedukasi kepada masyarakat, yaitu pagelaran budaya,”lanjut Rahma Juwita.

Maka itu, Rahma Juwita berharap, pagelaran budaya RRI Sendawar ini dapat menjadi tontonan yang punya karya, tontonan yang memberikan eduksi dan tontonan yang memberikan informasi, bagaimana budaya-budaya daerah yang perlu dilestarikan. Terutama oleh para generasi muda di Bumi Tanaa Purai Ngerimaan.

Untuk diketahui, Pagelaran Budaya yang mengangkat tema “Cinta Budaya, Anak Muda Berkarya” tersebut, disiarkan secara virtual melalui akun media sosial atau Fanpage Facebook dan Youtube RRI Sendawar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00