Sejarah Singkat The Beatles, Group Band Rock Fenomenal asal Inggris

KBRN, Samarinda : The Beatles adalah grup musik asal Inggris yang beranggotakan John Lennon, Paul McCartney, Ringo Starr, dan George Harrison. Grup dengan aliran musik rock yang dibentuk pada 1960 ini digadang-gadang sebagai grup musik terbesar di dunia. Pasalnya, selama barkarier, The Beatles mencatat banyak rekor dalam dunia musik yang belum pernah tercapai sebelumnya. Kisah perjalanan dan karya-karyanya pun menjadi inspirasi dan cita-cita bagi banyak musisi di seluruh dunia, bahkan sampai sekarang. Dilansir dari kompas.com, berikut ini sejarah singkat perjalanan The Beatles.

Bermula dari The Quarrymen

Cerita The Beatles bermula pada 1957, ketika John Lennon, yang ketika itu berumur 16 tahun, untuk pertama kalinya bertemu Paul McCartney, yang lebih muda satu tahun darinya, di sebuah pertunjukan gereja. Ketika itu, John Lennon yang akan tampil bersama grupnya, The Quarrymen, dikenalkan oleh sang pemain bass dengan Paul McCartney. Paul McCartney adalah teman sekelas pemain bass The Quarrymen, yang akan bergabung dengan mengisi posisi pemain gitar. Ketika Paul McCartney akan melakukan pertunjukan pertamanya, ia begitu gugup, sehingga George Horrison diminta masuk menggantikan. Sejak saat itu, Paul dan George tergabung dalam The Quarrymen bersama John Lennon. Pada Januari 1959, drummer The Quarrymen keluar untuk melanjutkan kuliah, yang otomatis meninggalkan John, Paul, dan George.

The Beatles dibentuk pada 1960

Tanpa drummer, John, Paul, dan George, tampil di setiap pertunjukan menggunakan nama John and the Moondogs, sambil mencari seorang pemain drum. Tidak lama kemudian, Stuart Stuccle, salah seorang teman John Lennon, bergabung dan mengusulkan "Beetels" sebagai nama band mereka. Nama ini terinspirasi dari band idola mereka, The Crickets. Sebelum menjadi The Beatles, grup ini mengalami beberapa kali perubahan nama. Mulai dari Silver Beetles, Silver Beatles, dan terakhir dipersingkat menjadi The Beatles. The Beatles resmi terbentuk pada 1960, dengan merekut Pete Best, seorang drummer yang pernah mereka saksikan di sebuah pertunjukan.

Namun, Stuart Stuccle keluar dari band pada 1961, dan meninggalkan posisi bassis untuk Paul McCartney. Pada Juni 1962, The Beatles lolos audisi untuk label rekaman Parlophone Records. Rekaman single pertama mereka dimulai pada 6 Juni 192 di London, di EMI Recording Studios (nantinya menjadi Abbey Road Recording). Namun, seorang produser bernama George Martin merasa tidak puas dengan performa Pete Best. Dua bulan kemudian, Pete Best dipecat dari The Beatles, dan digantikan oleh Ringo Starr dua hari setelahnya. Rekaman pertama The Beatles dengan Ringo Starr terjadi pada 4 September. Mereka merekam lagu Love Me Do, Please Please Me, dan P.S. I Love You. Lagu Love Me Do, yang dipilih menjadi single pertama mereka, menempati posisi ke-17 tangga lagu Record Retailer.

Kesuksesan The Beatles

Pada 11 Februari 1963, The Beatles merekam 10 lagu untuk album pertama mereka, Please Please Me. Album ini mendapat sambutan lebih besar dari single sebelumnya, dan menempati peringkat pertama di semua tangga lagu Inggris, kecuali Record Retailer, di mana mereka berada di posisi kedua. Kesuksesan album pertama ini meningkatkan ketenaran The Beatles. Sikap para anggota yang lucu dan berbeda dengan musisi lainnya pun menjadi sorotan media. Hal itulah yang membuat The Beatles begitu terkenal dan memiliki banyak penggemar, yang oleh para wartawan disebut "Beatlemania". Pada 1964, The Beatles debut di Amerika dalam Ed Sullivan Show, yang disaksikan sekitar 74 juta penonton, atau sekitar setengah populasi Amerika Serikat saat itu.

Lagu-lagu The Beatles juga menempati lima posisi teratas dalam tangga lagu di Amerika. Di tahun yang sama, mereka melakukan tur dunia pertamanya. Namun, pada 1966, The Beatles menghentikan tur di Amerika dengan alasan kelelahan dan kencangnya teriakan penonton sehingga musik mereka tidak terdengar. Hal ini sekaligus mengakhiri tur tiga tahun mereka yang telah tampil dalam 1.400 konser tanpa jeda.

The Beatles bubar

Pada 1967, manajer The Beatles yang bernama Brian Epstein meninggal, yang menjadi salah satu alasan pecahnya band ini. Namun, banyak alasan lain yang membuat grup ini tidak mampu bertahan, seperti Paul McCartney yang dimusuhi rekan-rekannya karena dianggap terlalu mendominasi, John yang kecanduan heroin, serta perselisihan tentang siapa yang mengurus finansial band, menyebabkan keadaan semakin runyam. Pada 20 September 1968, John Lennon meninggalkan The Beatles. Puncaknya, pada 31 Desember 1970, Paul McCartney mengajukan pembubaran kontrak The Beatles, yang menandai bubarnya band ini.

Persahabatan John dan Paul

Salah satu kisah menarik dari perjalanan The Beatles adalah persahabatan antara John Lennon dan Paul McCartney. Keduanya besar di lingkungan yang sama dan mengakui memiliki ikatan yang erat satu sama lain. Persahabatan keduanya semakin erat ketika ibu mereka meninggal. Dalam salah satu wawancara, John mengatakan bahwa ia bersedia melakukan apa pun untuk Paul dan demikain sebaliknya. Bahkan, John pernah mengatakan bahwa Paul adalah cinta pertamanya, bahkan sebelum Yoko (istrinya), "Paul was the first love of my life, Yoko was the second". Kendati demikian, persahabatan John dan Paul mulai pecah karena perselisihan kontrak dan ketidaksepakatan dalam band. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar