Kantor Bahasa Kaltim Gelar Pemilihan Duta Bahasa

KBRN. Samarinda. Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara kembali dilaksanakan.

Momen penganugerahaan kepada generasi muda yang terpilih sebagai mitra pembinaan kebahasaan dan kesastraan tersebut dilaksanakan di Samarinda, Jumat (01/07/2022).

“Ajang tahunan ini bertujuan untuk melahirkan generasi muda yang memiliki sikap positif dalam artian bangga dengan Bahasa Indonesia yang menjadi Bahasa Persatuan kita,” jelas Halimi selaku Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kalimantan Timur.

Tak hanya itu, Halimi pun menyampaikan peran Duta Bahasa dalam menumbuhkan spirit untuk mewujudkan Tri Gatra Bangun Bahasa yakni mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing.

“Rekan-rekan Duta Bahasa diharapkan dapat menjadi percontohan bagi generasi muda lainnya untuk mencintai Bahasa Negara dan menumbuhkan spirit Tri Gatra Bangun Bahasa. Oleh karenanya, mereka pun nantinya akan terus aktif terlibat dalam berbagai program dan kegiatan yang sifatnya dekat dengan masyarakat,” tambahnya.

Adapun tahapan pemilihan Duta Bahasa dimulai sejak April hingga Juni 2022. Tahap pertama diikuti oleh sebanyak 108 peserta yang mendaftarkan diri dan dilanjutkan seleksi berkas yang meloloskan 58 peserta untuk mengikuti seleksi tahap 2 (dua), kemudian tes wawancara dan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Peserta yang lolos ke tahap final sebanyak 20 orang yang berasal dari berbagai daerah di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Sebelum mengikuti tahap final, para finalis mendapatkan berbagai pembekalan dari kantor bahasa provinsi Kalimantan Timur dan Ikatan Duta Bahasa yakni kebahasaan, pengembangan diri, keorganisasian, serta bahasa dan budaya daerah Kaltim, urainya.

Antusiasme para peserta yang mengikuti ajang ini pun meningkat. Hal ini disampaikan oleh Evi Melila Sari selaku Ketua Panitia Kegiatan. Meski masih di suasana pandemi dan terdapat kendala jarak mengharuskan sebagian peserta untuk mengikuti rangkaian proses seleksi via daring dan sebagia secara luring.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar