Merawat Aglonema dengan Cara Yang Benar

KBRN, Samarinda: Tanaman hias aglonema akhir akhir ini menjadi  favorit dan banyak di buru orang karena keindahan nya, aglonema ini  bisa menjadi penghibur bagi banyak orang pecinta bunga.

Aglonema sendiri merupakan salah satu spesies tanaman hias yang hidup di daerah subtropis hingga tropis.

Mengutip Planet House Plants, aglonema banyak ditemukan di area hutan hujan Asia Tenggara seperti di Thailand, Indonesia, dan Malaysia.

Aglonema sendiri berasal dari Bahasa Yunani Kuno yang berarti 'tanaman mengilap'. Di Indonesia, tanaman satu ini dikenal juga dengan sebutan 'sri rejeki'. Tanaman ini dipercaya dapat memberikan energi positif kepada pemiliknya.

Cara Merawat Aglonema

Pada dasarnya, merawat aglonema bukan perkara sulit. Tanaman ini memiliki karakteristik mudah tumbuh dengan sendirinya.

Namun, demi untuk pertumbuhan yang maksimal, beberapa cara merawat aglonema yang benar berikut bisa Anda ikuti di antaranya :

1. Jauhkan dari paparan sinar matahari langsung

Sinar matahari yang cukup adalah kunci keberhasilan merawat aglonema. Paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat warna daun jadi kuning dan layu.

Namun, perlu diketahui bahwa ada banyak varietas aglonema dengan karakter yang berbeda satu sama lain. Beberapa varietas aglonema, seperti Aglaonema suzy, senang hidup di tempat terang untuk memaksimalkan warna daun.

2.Hindari suhu terlalu dingin

Mengutip Plant Care Today, aglonema tak akan bertahan hidup di suhu udara rendah atau di bawah 16 derajat Celcius. Menghindari suhu terlalu dingin menjadi salah satu tips merawat aglonema.

Oleh sebab itu, usahakan agar aglonema mendapatkan kelembapan udara yang tepat.

3. Tidak terlalu sering disiram

Aglonema terkenal sebagai salah satu tanaman 'anti-manja'.  tak perlu menyiramnya disetiap hari.

Alih-alih menyiramnya setiap hari, Anda hanya perlu memastikan ketersediaan nutrisi dan cairan yang cukup selama musim kering. Anda cukup menyiramnya 2-3 kali dalam sepekan.

Namun, jika musim penghujan tiba, Anda perlu mengurangi asupan cairan untuk aglonema. Anda hanya perlu menyiramnya 1-2 kali dalam sepekan.

4. Atur kelembapan tanaman

Aglonema membutuhkan kelembapan udara yang tepat. Terlalu kering akan membuat aglonema tidak segar. Sementara jika terlalu basah, maka akar tanaman akan membusuk.

Akali hal tersebut dengan membubuhkan kerikil di permukaan tanah. Siram secara teratur dan berikanlah sirkulasi udara pada tanaman melalui lubang pot.

5. Beri pupuk

Pupuk ibarat vitamin bagi tanaman. Pastikan kebutuhan vitamin aglonema tercukupi. Anda bisa menggunakan pupuk alami seperti pupuk kompos untuk aglonema.

Kendati demikian, Anda juga perlu menghindari pemberian pupuk berlebih karena dapat mengganggu proses pertumbuhannya

6.Gunakan tanah organik

Tanah organik sangat direkomendasikan untuk tanaman aglonema. Tanah yang telah maupun sedang mengalami dekomposisi dapat membuat aglonema tumbuh dengan subur dan sehat.

Lakukan juga pengecekan rutin terhadap kualitas tanah. Jika tanah terlihat menggumpal, kering, atau terlalu basah, maka ganti dengan tanah yang baru.

7. Rutin basmi hama

Sama seperti tanaman lainnya, hama bisa mengganggu kesuburan tanaman aglonema.

Untuk itu,  pastikan kondisi daun dan batang aglonema terbebas dari hama. Misalnya saja laba-laba, kutu, tungau, hingga ulat bulu.

Anda bisa menyemprotkan sedikit pestisida untuk membasmi hama yang bisa merusak aglonema.

Anda bisa mencoba mengikuti cara merawat aglonema dengan benar  agar tanaman hias kesayangan tetap subur dan sehat dan menyenangkan di pandang mata.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00