Tahukah Anda, Kenapa Semut Suka Yang Manis?

KBRN, Samarinda: Kita pastinya tahu dan sering melihat semut berkerumun di depan makanan atau minuman yang terjatuh di lantai atau di tanah. Hal ini memberi isyarat kepada kita bahwa semut tidak boleh melihat ada makanan atau minuman nganggur, karena akan langsung dikerubut8 semut beramai-ramai. Apalagi kalau makanan atau minuman yang manis, dalam hitungan detik saja, kerumunan semut sudah banyak, entah darimana datangnya semut-semut tersebut.

Nah, tentu kita penasaran kan kenapa semut suka makananatau minuman manis, terutama gula? 

Hewan yang satu ini memang memiliki radar sensitif yang kuat untuk menemukan sumber gula berada. Makanya tidak heran, ketika ada makanan atau minuman manis yang terjatuh atau tumpah, langsung saja kerumunan semut berdatangan.

Semut merupakan hewan serangga yang dikenal aktif dan rajin bekerja. Sehingga tidak heran, karena saking aktifnya semut, pastinya mereka butuh zat-zat yang bisa menghasilkan energi buat mereka. Maka wajar kalau semut sangat mengincar zat gula pada makanan atau minuman yang manis-manis. Lalu zat gula yang mereka dapatkan, akan diubah semut menjadi energi baru.

Sebenarnya bukan cuma makanan atau minuman yang manis saja, semut juga suka berbagai jenis makanan yang mereka anggap penting untuk kebutuhan energi mereka. Karena mereka juga butuh zat lainnya, selain energi yang mampu melengkapi kebutuhan nutrisi pada tubuh mereka.

Setelah mereka memperoleh makanan, biasanya mereka akan segera membawanya ke sarang secara gotong royong. Tidak cuma makanan atau minuman saja, semut juga akan mengerumuni bangkai serangga lainnya, tumbuh-tumbuhan maupun makanan lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00