Ekonomi Kaltim, Isran Noor: Kita Tidak Bisa Terus Andalkan Komoditas Galian Tambang

KBRN, Sendawar: Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor bersama Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, melakukan panen dan penanaman cabai di Lahan Kelompok Tani Bangun Harja, Kampung Sumber Bangun, Kecamatan Sekolaq Darat, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Jumat (11/6/2021).

Dalam kegiatan itu, Gubernur dan Wakil Gubernur didampingi Didampingi Bupati Kubar, FX Yapan dan Wakil Bupati, Edyanto, serta sejumlah Kepala OPD lingkup Pemerintah Provinsi dan Kabupaten. 

Dari salah satu agenda kunjungan kerjanya tersebut, Gubernur Isran Noor mengatakan, ini merupakan kesempatan untuk memanfaatkan momen menghadapi Covid-19 dan Ibu Kota Negara di Kaltim. Mengingat Kutai Barat memiliki Lahan yang bagus dan Tanah yang subur.

“Kutai Barat potensinya luar biasa, makanya saya bilang. Ini merupakan kesempatan berpacu dulu-duluan memanfaatkan momen menghadapi Covid-19, momen menghadapi masa depan Kaltim sebagai calon “Ibu Kota Negara”. Bener, bagus Kutai Barat ini, lahannya bagus, tanahnya subur,”kata Gubernur Isran kepada wartawan.

Isran Noor juga menegaskan, dukungan yang diberikan melalui sekotor pertanian ini merupakan langkah Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk mentransformasi ekonomi, yang selama ini kebanyakan mengharapkan dari Sumber Daya Alam (SDA) sektor pertambangan.

“Ini merupakan salah satu langkah kita untuk mentransformasi ekonomi. Jadi dari yang biasanya dengan SDA yang un renewable (sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui) itu, ke Reboisasi. Ya seperti Kebun, Pangan, Karet, Sawit, nah itu ke-arah sana sudah. Jadi kita tidak bisa terus menerus mengandalkan komoditas galian tambang,”tegasnya

Untuk diketahui, Gubernur Kaltim bersama rombongan melakukan kunjungan kerja ke Kubar dalam rangka meninjau program perkebunan, pertanian dan infrastruktur. Yakni, peninjauan lapangan proyek percontohan bidang Perkebunan Karet dan Pertanian Holtikultura di Kampung Juaq Asa kecamatan Barong Tongkok dan kampung Sumber Bangun, Kecamatan Sekolaq Darat.

Terakhir, meresmikan Underpass yang dibangun PT.Firman Ketaun Perkasa (FKP) Perusahaan batu bara Bayan Group di simpang tiga Belusuh Kecamatan Damai Kabupaten Kutai Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00