Tekun dan Sabar Kunci Sukses Usaha Pembibitan Ikan

KBRN, Sendawar : Purnomo Adi, warga Jaras Kecamatan Barong Tongkok, merupakan salah satu pelaku usaha pembibitan ikan yang cukup sukses di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Mulai dari 3 kolam pada tahun 2017, usahanya berkembang cukup pesat. Dimana saat ini, sudah memiliki kurang lebih 25 petak kolam pembibitan dan pembesaran, diisi puluhan ribu ikan berbagai jenis, seperti Ikan Lele, Mas, Nila, Patin, Bawal, Papuyu, Gurame dan Ikan Jelawat.

Ia mengatakan, untuk memulai usaha pembibitan ikan ini tidak butuh modal besar, cukup dengan satu kolam terlebih dahulu. Bahkan tidak sulit, jika benar-benar ditekuni.

“Mungkin baiknya kita tidak melihat yang sudah ada, tapi lihat prosesnya. Satu terpalpun bisa, artinya bertahap, ketika sudah terjual, dapat untung baru tambah, begitu setrusnya. Kalau yang saya punya inikan sudah tiga tahun hingga mempunyai beberapa kolam ini. Namanya kita usaha, ya ada sharing dengan teman, tanya dengan teman, sehingga kalau dibilang susah, saya rasa tidak ada masalah kalau sudah terbiasa,”Kata Purnomo Adi kepada RRI di Kubar, Rabu (16/9/2020)

Ditambahkan Purnomo, kunci sukses dari usaha tersebut adalah tekun dan sabar, karena usaha apapun pasti ada pasang surutnya, dan yang terpenting dalam memulai usaha pembibitan ikan ini, tentu dalam hal penyiapan media kolam yang baik agar bibit ikan merasa nyaman dan bisa tumbuh dengan baik.

“Yang biasa membuat orang gagal itu, kalau terlalu cepat kepingin pelihara. Padahal ada prosesnya, dan yang pertama itu persiapan medianya. Seperti kita kalau mau masuk rumah, tentu rumahnya harus dipersiapkan baik-baik supaya kita nyaman, begitu juga bibit ikan. Bukan saya jamin ya, tapi dari pengalaman orang sharing itu, kalau medianya disiapkan dengan baik, tingkat kematiannya kecil,”tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, tiga hal pokok yang harus diperhatikan yakni, air yang disiapkan harus direndam dan dioleh terlebih dahulu, agar memiliki kandungan PH yang menunjang keberadaan ikan sebelum di masukkan ke-kolam.

Selanjutnya mengenai pakan juga harus yang alami, biasanya plankton. Dan terakhir, kandungan oksigen dalam air harus mencukupi.

Untuk diketahui, harga bibit ikan di usaha pembibitan ikan Purnomo Adi, bervariasi, mulai dari Rp500 hingga Rp2.000 rupiah tergantung ukuran yang diinginkan. Dengan penghasilan kotor sekitar Rp1.000.000 dalam satu hari.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00