Dua Pekan Beroperasi, Rest Area Tol Balsam Sepi Pengunjung

KBRN, Balikpapan: Sepekan lebih pasca difungsikan, area peristirahatan (rest area) kilometer 36A Jalan Tol Balikpapan-Samarinda masih sepi pengunjung. Seperti pantauan RRI pada Senin (27/7/2020) Siang pada area peristirahatan tol Balsam hanya segelintir kendaraan roda empat yang terlihat parkir. Kondisi ini berbanding lurus dengan jumlah kendaraan terpantau melintas di jalan bebas hambatan tersebut.

Kepada RRI, salah seorang pengguna jalan tol Balsam asal Samarinda Santoso mengatakan dirinya terpaksa melewati jalan tol berbayar sebab ada urusan yang mendesak.

"Karena tadi buru-buru ada urusan keluarga. Kalau ngga, Saya biasa lewat jalan lama karena kan tol sekarang bayarnya lumayan", katanya.

Sama halnya dengan Suprianto, warga Samboja ini mengaku hanya mampir sebentar di rest area untuk keperluan sholat. Ia pun berharap pengelola dapat menambah fasilitas yang ada di rest area.

"Untuk tempat makan dan minum sebaiknya diperbanyak, jadi banyak pilihan. Kalau bisa juga ada yg layanan drive thru biar cepet dan ngga perlu turun", harap Pria berusia paruh baya itu.

PT Jasamarga Related Business (JMRB) sendiri memang belum lama memfungsikan rest area sebab banyak yang harus dipersiapkan pihaknya sehingga bisa memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM). 

Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB Tita Paulina Purbasari mengatakan, rest area di jalan tol pertama di Pulau Kalimantan tersebut telah dilengkapi oleh beragam fasilitas utama. Diantaranya adalah area parkir, toilet gratis, sarana ibadah, area kuliner, mini market, dan SPBU. “Meski masih beroperasi secara fungsional, rest area Km 36A Jalan Tol Balikpapan-Samarinda arah Balikpapan sudah dilengkapi oleh fasilitas utama yang memenuhi SPM. Termasuk SPBU Modular,” kata Tita melalui keterangan rilisnya.

Lebih lanjut Tita menjelaskan, saat ini lahan parkir yang tersedia di rest area seluas 4,5 hektare itu berkapasitas sekitar 150 kendaraan kecil, dan 30 kendaraan besar. Sementara untuk toilet gratis, saat ini sudah terdapat di dua titik, toilet utama dan toilet di area masjid. “Nantinya fasilitas di rest area Km 36A Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan terus berkembang pada pembangunan tahap selanjutnya, untuk memenuhi kebutuhan pengguna jalan tol, termasuk area komersial,” terangnya.

Tita menambahkan, pihaknya membuka peluang bagi para pebisnis lokal untuk mengembangkan usahanya di sana. Sebab, seperti rest area yang dikelola oleh PT JMRB lainnya, rest area Km 36A Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki sejumlah ruang usaha bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00