Dampak Covid-19, Koperasi CUDL Kaltim-Kaltara Gelar RAT Online

KBRN, Sendawar: Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Credit Union Daya Lestari (CUDL) Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara) menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2019, secara online, akibat dampak Virus jenis baru (Covid-19) yang belum usai.

Ketua Pengurus KSP CU Daya Lestari Kaltim-Kaltara, Simon Jaang kepada di Samarinda, Sabtu (20/6/2020) menjelaskan, seharunya RAT tahun buku 2019 dilaksanakan pada bulan februari lalu, namun karena adanya wabah Covid-19. Maka diundur, pelaksanaanya pada bulan Juni tahun 2020. Dengan target 2.000 peserta dari 29 Tempat Pelayanan (TP) di Kaltim dan Kaltara.

Tahapannya, jelas Simon Jaang sudah berlangsung, dimana para anggota saat ini tengah mencermati Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pengurus dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) pengawas melalui aplikasi yang sudah disiapkan, selama 14 hari mulai tanggal 15 hingga 28 Juni. Sedangkan untuk Pleno-nya akan digelar secara live streaming melalui Youtube, Facebook dan Instagram KSP CU Daya Lestari pada tanggal 29 Juni 2020 mendatang.

Mengingat hal ini baru pertama kali dilaksanakan oleh salah satu Koperasi terbesar di Indonesia tersebut, tentu ada kendala yang dihadapi, mulai dari kurangnya pemahaman anggota hingga masalah jaringan internet.

“Kendalanya,, karena ini baru pertama kali, banyak anggota yang belum paham. Banyak yang mengira ini seperti aplikasi yang bisa bertatap muka langsung sehingga kebanyakan menunggu, kemudian ada juga yang kesulitan membuka linknya, mungkin itu terkait dengan masalah jaringan internet. Maka itu kita intensif memberikan penjelasan dan sosialisasi ke tempat pelayanan yang ada, agar mengingatkan terus anggotanya masing-masing,’kata dia

Kendati demikian, Simon Jaang mengaku pelaksanaan RAT secara online ini lebih optimal dibandingkan bertatap muka langsung, karena sangat efektif dan efisien.

“Kalau dilihat dari efektifitas dan efisiensi, sebenarnya sebagai koperasi yang besar, dengan luasan daerah, cakupan wilayah dan anggota yang tersebar, sangat efektif yang elekronik begini. Karena ada ribuan yang bisa mengikuti, kalau yang pertemuan langsung, hanya ratusan orang saja utusan yang hadir. Selain itu dengn cara online begini mereka bisa mencermatinya lama,, membaca, mempelajarinya secara intens. Kedepan, penggunaan teknologi seperti ini akan kita gunakan karena efektif, efisien,”ungkapnya.

Mengingat, anggota yang diundang dalam pelaksanaan RAT ini sifatnya perwakilan, maka Ia menghimbau kepada peserta yang dapat mengakses dan mengikutinya dapat mensosialisasikan hasilnya kepada anggota-anggota lain di tempat pelayanan masing-masing, sehingga masukan dan program yang terencana tahun depan dapat terlaksana sesuai harapan.

Untuk diketahui, jumlah aset yang dikelola oleh Koperasi CU Daya Lestari Kaltim-Kaltara Saat ini sebesar Rp872.660.031.873, Pinjaman beredar Rp586.555.514.063, dengan Jumlah anggota sebanyak 46.252 orang, tersebar di 29 Tempat Pelayanan di dua Provinsi tersebut.

Di Kalimantan Timur, ada 23 Tempat Pelayanan CU Daya Lestari tersebar di 7 Kabupaten/Kota yakni, di Kota Samarinda, Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Kutai Timur dan Kabupaten Berau.

Sedangkan di Kalimantan Utara terdata ada 6 Tempat Pelayanan CU-DL yang tersebar di 4 Kabupaten/Kota yakni, di Kota Tarakan, Kabupaten Bulungan, Nunukan dan Kabupaten Malinau.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00