Bisnis Kuliner di Kubar Tetap Jalan Ditengah Pandemi

KBRN, Sendawar: Aswin adalah salah satu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang bergerak dibidang usaha Kuliner dengan branding “Kedai Yunas”, dan masih tetap eksis menjalani usahanya ditengah Pandemi Covid-19.

Seakan tak ingin menyerah dengan keadaan, pengusaha muda itu tak hentinya berinovasi hanya untuk bertahan ditengah keadaan ekonomi yang sulit seperti sekarang ini. Bahkan dengan adanya protokol kesehatan yang mewajibkan setiap orang untuk menerapkan Physical Distancing atau menjaga jarak fisik.

Membuat dirinya harus merubah metode bisnisnya dari usaha konvensional ke-usaha online, dengan tetap menyajikan menu makanan seperti biasanya dan mencoba jenis usaha Frozen Food atau olahan makanan setengah matang, walaupun dengan hasil yang tentunya kurang maksimal.

Aswin dan face shield yang wajib digunakan karyawan saat bekerja

“Ya jadi masyarakat Kutai Barat ini belum terlalu familiar dengan usaha online ini, terutama terhadap penyajian olahan makanan setengah matang untuk di masak sendiri di rumah masing-masing. Kalau aku lihat antara Kutai Barat ini dengan kota besar sih  memang tidak bisa disamakan, jadi kalau di Kubar ini walaupun dirumah aja mereka tetap bisa makan mengandalkan tanaman di kebun, tapi kalau dikota besar merekakan sudah terbiasa dengan mekanan-makanan yang instan,”kata Aswin kepada RRI Sendawar, Selasa (26/5/2020).

Kendati demikian, Ia tidak kalah akal dan sudah berfikir bagaimana caranya untuk menyediakan menu makanan sesuai dengan selera lidah masyarakat Kabupaten Kutai Barat.

“Kalau disinikan, ibaratnya jalan dikit aja, kalau cuma untuk makan pucuk singkongkan ada. Jadi aku juga lagi berfikir ke arah sana, untuk menyajikan makanan-makanan khas Kutai Barat, supaya bisa usaha tetap jalan,”tandas Aswin.

Aswin bahkan tetap ingin menjalankan metode bisnis konvensional bersamaan dengan usaha onlinenya, namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Baik dari segi karyawan maupun pelanggan.

Selanjutnya : Bisnis Kuliner Tetap Jalan Ditengah Pandemi

Halaman 1 dari 2

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00