Sambut Hari Raya Paskah, Disdagkop dan UKM Kubar Gelar Pasar Murah di 4 Kecamatan

KBRN, Sendawar: Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) akan menggelar Pasar Murah dalam rangka menyambut Hari Raya Paskah, di empat Kecamatan tahun 2020 ini.

Yakni di Kampung Muara Asa Kecamatan Barong Tongkok, Kampung Melapeh Lama Kecamatan Linggang Bigung, kemudian Kampung Muara Bunyut Kecamatan Melak dan terakhir di Kampung Tering Lama Kecamatan Tering. Mulai minggu ke-dua hingga minggu ke-empat bulan Maret ini.

Kepala Bidang Perdagangan Disdagkop dan UKM Kubar Ambros Ndopo mengatakan, kegiatan pasar murah dalam rangka menyambut hari raya paskah tersebut baru pertama kali digelar tahun ini. Kedepan direncanakan terus berlanjut menyisir Kecamatan lainnya di Kutai Barat menyesuaikan anggaran yang tersedia.

“Memang ini untuk pertama kali, karena selama ini kami laksanakan menjelang idul fitri sama menjelang natal dan tahun baru, jadi 2020 ini kita melihat tidak adil karena hari raya tidak hanya natal tapi juga ada paskah. Oleh karena itu kita mengambil kebijakan supaya menjelang paskah juga dilaksanakan di empat Kecamatan, nanti di tahun-tahun berikut kalau ada anggaran kita angendakan lagi untuk Kecamatan lain,”katanya kepada RRI, usai berkoordinasi terkiat pelaksanaan pasar murah bersama Pemerintah Kampung Tering Lama, Senin (2/3/2020)  

Ia menjelasakan, Pola Pasar Murah tersebut dilakukan menggunakan nota yang sudah diisi dengan total item barang yang dijual atau bukan dalam bentuk paket seperti biasanya, guna menyesuaikan kebutuhan masyarakat.

“Polanya kita buat nota barang itu dengan daftar harganya, jadi masyarakat yang datang itu dia tinggal memilih. Misalnya kami siapkan 10 atau 12 item, tapikan tidak semua dia perlu karena mungkin sudah ada dirumah. Maka itu dia contreng notanya, mana yang dia perlu saja, disesuaikan dengan jumlah uang yang ada di dompetnya. Jadi itu pola yang kami pakai, bukan berupa paket,”jelasnya.

Ambros Ndopo menerangkan, total anggaran untuk kegiatan Pasar Murah di 4 lokus tersebut kurang lebih sebesar Rp60.000.000. Dengan jenis Sembako yang disediakan diantaranya Beras, Minyak Goreng, Gula, Telur, Tepung, Bawang Putih dan Bawang Merah.

Sementara untuk harga jual sembako yang disediakan dalam kegiatan Pasar Murah tersebut, Pemerintah member subsidi sebesar 20 Persen dari harga jual di Pasaran.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00